Rabu 22 Dec 2021 16:42 WIB

Elektabilitas Melambung Ganjar Vs Surat dari Mega untuk Kader PDIP

Survei menyatakan 60 persen pemilih PDIP ingin Ganjar menjadi capres.

Red: Andri Saubani
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (kiri) dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (kedua kiri). Megawati sudah menginstruksikan kader PDIP untuk tidak berkomentar soal isu capres-cawapres meski Ganjar saat ini memuncaki survei beberapa lembaga. (ilustrasi)
Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (kiri) dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (kedua kiri). Megawati sudah menginstruksikan kader PDIP untuk tidak berkomentar soal isu capres-cawapres meski Ganjar saat ini memuncaki survei beberapa lembaga. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, oleh Febrianto Adi Saputro, Rr Laeny Sulistyawati, Antara

Sebanyak hampir 60 persen pemilih PDIP menginginkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres). Saat diminta tanggapannya soal itu, Wakil Sekjen PDIP, Utut Adianto, enggan berkomentar.

Baca Juga

"Kita ini sudah tegak lurus saja ibu ketua umum sudah mengeluarkan surat 11 Agustus 2021 untuk tidak berkomentar," kata Utut di Kompleks Parlemen, Rabu (22/12).

Ia pun tak mempersoalkan hasil survei tersebut. Sampai saat ini partainya belum memutuskan siapa yang akan diusung menjadi capres.

"Belum. kalau survei kan hak orang. Metodologinya teknik ngambil samplenya, random-nya, dari ini mana yang mau disampaikan. Kalau nanti kita ibu menunjuk A kita akan all out A," ujarnya.

Sebelumnya, politikus PDIP, Hendrawan Supratikno saat dihubungi Republika, pada awal Desember juga menegaskan bahwa partainya tidak menilai hasil-hasil survei lembaga survei politik sebagai hal yang istimewa. PDIP, kata Hendrawan, meyakini hasil survei masih bersifat dinamis sampai 2024.

"Tak ada yang istimewa. Jangan suka dibuat terkejut dengan hasil-hasil survei, masih sangat dinamis ke depan," ujar , Senin (6/12).

Menurut Hendrawan, hasil survei seperti matematika umum dalam politik dan sudah dikuasai oleh semua politisi. Dalam politik, ia melanjutkan, yang sulit adalah menangkap insting, intuisi, relasi unik, informasi spesifik, dan yang sejenis.

"Hal-hal terpenting dalam keputusan politik tidak tertangkap dalam survei," katanya.

Sebelumnya Lembaga survei Charta Politika Indonesia merilis hasil survei terbaru yang dilakukan 29 November-6 Desember 2021. Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya menjelaskan mayoritas pemilih PDI Perjuangan menginginkan Ganjar Pranowo sebagai capres mencapai 60 persen.

"Bisa dikatakan mayoritas atau 60 persen pemilih PDI Perjuangan menyatakan memilih Ganjar Pranowo," ujar Yunarto, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (21/12).

Sementara, di Partai Golkar Ganjar meraih angka 26,5 persen. Meskipun partai berlambang pohon beringin itu sudah mempunyai kandidat capres sendiri yakni Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto yang hanya memperoleh 4,4 persen.

"Beberapa temuan menarik yaitu Ganjar Pranowo bersaing dengan pemilih PKB yang menyatakan memilih Anies Baswedan," ungkap Yunarto.

Di antara pemilih PKB, Ganjar memimpin perolehan persentase 31 persen. Disusul Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dengan angka 26 persen dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawangsa sebanyak 13 persen.

"Partai Nasdem masih terbelah, karena memang masih dua tahun dan belum dipanaskan," ujarnya.

Yunarto menyebut Ganjar meraih angka 32,7 persen di pemilih Nasdem. Jumlah tersebut unggul dari Anies Baswedan yang meraup angka 13,5 persen. Survei ini dilakukan pada 29 November - 6 Desember 2021.

Survei dilakukan terhadap 1.200 responden yang tersebar di seluruh Indonesia. Adapun survei tersebut menggunakan multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei tersebut memiliki margin of error sekitar 28,3 persen.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمَا تَكُوْنُ فِيْ شَأْنٍ وَّمَا تَتْلُوْا مِنْهُ مِنْ قُرْاٰنٍ وَّلَا تَعْمَلُوْنَ مِنْ عَمَلٍ اِلَّا كُنَّا عَلَيْكُمْ شُهُوْدًا اِذْ تُفِيْضُوْنَ فِيْهِۗ وَمَا يَعْزُبُ عَنْ رَّبِّكَ مِنْ مِّثْقَالِ ذَرَّةٍ فِى الْاَرْضِ وَلَا فِى السَّمَاۤءِ وَلَآ اَصْغَرَ مِنْ ذٰلِكَ وَلَآ اَكْبَرَ اِلَّا فِيْ كِتٰبٍ مُّبِيْنٍ
Dan tidakkah engkau (Muhammad) berada dalam suatu urusan, dan tidak membaca suatu ayat Al-Qur'an serta tidak pula kamu melakukan suatu pekerjaan, melainkan Kami menjadi saksi atasmu ketika kamu melakukannya. Tidak lengah sedikit pun dari pengetahuan Tuhanmu biarpun sebesar zarrah, baik di bumi ataupun di langit. Tidak ada sesuatu yang lebih kecil dan yang lebih besar daripada itu, melainkan semua tercatat dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).

(QS. Yunus ayat 61)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement