Merger Perusahaan Telekomunikasi Dinilai Sejalan Roadmap Pemerintah

Red: Fernan Rahadi

Indosat
Indosat | Foto: Indosat Ooredoo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Upaya Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate memperluas cakupan akses internet di Indonesia mendapat dukungan. Anggota Komisi I DPR RI Bobby Rizaldi mengatakan roadmap perluasan akses internet ke pelosok sudah tepat.

"Saat ini roadmap Kemenkominfo sudah tepat, selain mempersiapkan infrastruktur TIK, juga menyiapkan 12 juta SDM mulai tingkat vokasi sampai digital leaderships," kata Bobby, Rabu (22/12).

Menurut dia, penyiapan infrastruktur merupakan faktor penting menunjang penyediaan akses internet ke masyarakat. Hak primer warga itu harus dipenuh oleh pemerintah, dengan bantuan provider telekomunikasi.

"Keterlibatan provider perlu sinergi dengan roadmap pemerintah via Kemenkominfo karena pembangunan Infrastruktur TIK dilakukan bersama," ujar dia.

Di sisi lain, Bobby Rizaldi melihat langkah provider telekomunikasi dalam mendukung pemerataan akses internet juga perlu diapresiasi. Dirinya mencontohkan langkah merger antara  Indosat dan Tri Indonesia.

"Itu akan mendorong efisiensi dan penguatan provider untuk memaksimalkan layanan kepada masyarakat," katanya.

Bobby berharap merger Indosat dan Tri memberi sumbangsih terhadap perluasan akses internet. Sehingga, penetrasi jaringan internet di Indonesia merata. "Adanya sinergi dan efisiensi operator agar mampu membangun jaringan TIK seluas-luasnya," kata dia.

Sebelumnya, anggota Komisi I DPR Kresna Dewanata Phrosakh juga merespons positif restu Menkominfo terkait merger Indosat dan Hutchinson 3. Johnny sebelumnya mengatakan penggabungan dua perusahaan itu merupakan terobosan untuk mempercepat transformasi digital.

"Kita berharap apapun yang bisa mendukung perluasan jaringan internet, baik dengan merger antara Indosat dengan Hutchinson 3 itu saya rasa terserah. Perusahaan atau provider apapun kalau mau merger, asal itu bisa makin memperluas jangkauannya ke seluruh pelosok area di Indonesia saya rasa tidak ada masalah," kata anggota Komisi I DPR Kresna Dewanata Phrosakh.

Menurut dia, tujuan akhir dari perluasan jaringan internet adalah dampak positif bagi masyarakat. Sedangkan Ketua Pusat Studi Kebijakan Industri dan Regulasi Telekomunikasi Indonesia-ITB, Ian Joseph Matheus Edward menyebutkan selain upaya pemerataan jaringan 4G, tantangan merger operator adalah membuat rencana skema tarif baru yang lebih terjangkau.

"Dua operator bergabung harusnya manfaatnya lebih terasa oleh masyarakat. Bukan berarti harganya langsung murah, tapi lebih terjangkau. Selain itu, cakupan dan kualitasnya juga semakin baik," ujar Ian.

 

Terkait


Kemenkominfo: Digitalisasi Ujung Tombak Pemulihan Ekonomi Nasional

Kemenkominfo: Tak Ada Infrastruktur Komunikasi yang Terdampak Gempa

Grasstrack Muba Raih Smart Branding Gerakan Menuju Smart City

Pentingnya Bijak Memilah Informasi, Ini Data Hoaks Omicron Kian Masif

Kasus Penipuan Berbasis Rekayasa Sosial Sasar Korban UMKM

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark