Rabu 22 Dec 2021 20:43 WIB

Jelang Natal Satpol PP Bersihkan 31 Gereja se-Jakarta Utara

Aktivitas bersih-bersih gereja (BBG) itu dilakukan serentak di Jakarta Utara.

Red: Andi Nur Aminah
Umat Kristiani membersihkan halaman Gereja Pantekosta di Indonesia (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Wahdi Septiawan
Umat Kristiani membersihkan halaman Gereja Pantekosta di Indonesia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Utara dibantu petugas dari kecamatan dan kelurahan membersihkan 31 rumah ibadah gereja se-Jakarta Utara dalam menyambut perayaan Hari Natal pada 25 Desember 2021. Kepala Satpol PP Jakarta Utara, Yusuf Majid yang akrab disapa Yuma, di Gereja St Alfonsus Rodriguez, Pademangan Timur, Jakarta Utara, (22/12) mengatakan aktivitas bersih-bersih gereja (BBG) itu dilakukan serentak di Jakarta Utara.

"Kami berkolaborasi dengan kecamatan dan kelurahan beserta PPSUnya, serta dengan Darma Wanita Persatuan (DWP), berkaitan dengan peringatan Hari Ibu pada 22 Desember 2021," kata Yuma.

Baca Juga

Menurut Yuma, dalam kegiatan ini, sebelumnya Satpol PP telah melakukan komunikasi dengan pengurus rumah ibadah gereja."Setiap satu gereja di kelurahan dibersihkan. Pemilihan gereja-gereja tersebut dilakukan oleh pengurus. Satu kelurahan satu gereja. Jika di kelurahan tidak ada gereja maka pengurus akan menunjuk penggantinya. Seperti jumlah kelurahan di Jakarta Utara, total dari kegiatan BBG seluruhnya ada 31 gereja," ujar Yuma.

Dia berharap, kegiatan ini adalah saling berbagi kebahagiaan dengan seluruh warga, khususnya umat Kristiani dalam menyambut Natal 2021, ini dapat mempererat tali persatuan di Jakarta Utara. "Kami juga mengimbau kepada seluruh pengurus gereja untuk menyampaikan, mengingatkan jamaahnya mematuhi protokol kesehatan 5M, baik saat berangkat dari rumah hingga di lokasi ibadah," katanya.

Menurut dia, masih ada waktu tiga hari untuk menyampaikan sosialisasi tersebut. Harapannya, pada saat perayaan Natal bisa berjalan dengan hikmat tanpa ada ketakutan terpapar Covid-19. Sementara itu, pengurus Gereja St Alfonsus Rodriguez, Pademangan Timur, Simon Bambang Winarso, mengatakan, kegiatan ini merupakan suatu catatan bagi bangsa bahwa masyarakat bisa hidup bersama dengan rukun dan damai.

"Kami menyambut baik kegiatan ini, semoga Tuhan memberkati seluruh komponen pemerintahan yang terlibat di dalamnya. Mudah-mudahan pada kesempatan yang akan datang, kami dilibatkan dalam sinergi untuk kerukunan seperti ini," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement