Kamis 23 Dec 2021 19:54 WIB

HUT PDIP, Hasto Penuhi Janji Menari Kecak

Hasto tampil bersama hampir 100 seniman yang ikut dalam aksi seni.

Red: Agung Sasongko
 Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mewujudkan janji lama untuk menari kecak.
Foto: istimewa
Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mewujudkan janji lama untuk menari kecak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mewujudkan janji lama untuk menari kecak. Hasto tampil bersama hampir 100 seniman yang ikut dalam aksi seni yang digelar di Anjungan Bali, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Kamis (23/12) malam. 

Sebagai bentuk keseriusannya, Rabu malam, Hasto bersama peserta berlatih selama 2 jam. Usai latihan itu,  malam ini disajikan dalam sebuah pertunjukan.  Rencananya, aksi menari Hasto ini akan ditayangkan dalam rangkaian peringatan HUT ke-49  PDIP yang bertema "Bangunlah Jiwa dan Badannya untuk Indonesia Raya". 

Baca Juga

Hasto mengatakan tarian kecak mempunyai cerita, sejarah, hingga filosofi tarian khasnya. 

"Ternyata menari bareng-bareng beda, ada aliran energi spiritual ketika menari bersama-sama. Saya merasakan adanya gelora terkombinasi rasa kagum pada Sang Pencipta. Hal itulah yang saya rasakan saat menari kecak. Saat mengangkat lengan dan meneriakkan cak, cak, cak. Ada gabungan olah rasa, pikir dan gerak badan dalam satu irama," urai Hasto yang dirias lebih 15 menit sebelum tampil. 

Proses tari kecak yang direkam secara khusus itu, terdiri dari empat babak. "Pertunjukkan ini sebagai bagian penghormatan terhadap kebudayaan Bali dan dalam rangka memeriahkan peringatan HUT ke-49 PDI Perjuangan," ucap pria asal Yogyakarta itu. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement