Jumat 24 Dec 2021 15:35 WIB

Pemkot: Alun-Alun Kota Bandung Ditutup Saat Libur Nataru

Pemkot Bandung akan tutup alun-alun Kota Bandung saat libur Nataru.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Bayu Hermawan
Pemkot Bandung akan tutup alun-alun Kota Bandung saat libur Nataru.(Foto: ilustrasi)
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Pemkot Bandung akan tutup alun-alun Kota Bandung saat libur Nataru.(Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memastikan Alun-Alun Bandung dan alun-alun lainnya ditutup saat libur natal dan tahun baru (nataru). Penutupan dilakukan menindaklanjuti intruksi menteri dalam negeri (inmendagri) dan peraturan Wali Kota Bandung nomor 114.

"Alun-alun di Inmendagri harus ditutup, kita menerbitkan perwal nomor 114 itu akan menutup alun-alun Bandung dan semua alun-alun yang dikelola pemerintah Kota Bandung," ujar Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Jumat (24/12).

Baca Juga

Berdasarkan inmendagri, ia melanjutkan jam operasional sektor usaha di Kota Bandung menyesuaikan penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2. Namun untuk pusat perbelanjaan buka mulai pukul 09.00 Wib hingga pukul 22.00 WIB.

Yana menegaskan pihaknya akan melakukan pengawasan secara ketat termasuk untuk tempat hiburan. Ia mengimbau masyarakat untuk disiplin dan ketat menerapkan protokol kesehatan selama libur nataru.

"Saya tadi sudah sampaikan virus Corona berbagai varian apapun kuncinya menerapkan protokol kesehatan. Tidak ada penyekatan, pemeriksaan dokumen salah satunya memproteksi diri kita sendiri lewat peduli lindungi dan protokol kesehatan," katanya.

Pihaknya mengajak masyarakat untuk lebih meningkatkan kesadaran diri menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Selain itu meningkatkan pengawasan di titik-titik potensi keramaian.

Selain itu kebijakan yang dapat dilakukan menutup akses jalan menuju lokasi keramaian apabila potensi kerumunan di tempat tersebut semakin membesar. Namun sebelum itu, para petugas akan terlebih dahulu melakukan deteksi dini dengan membubarkan kerumunan-kerumunan berskala kecil.

"Kita upayakan di (tempat) potensi kerumunan kita deteksi dini, kalau makin banyak sulit dibubarkan dan kalau ternyata terjadi kerumunan besar, situasional bisa dilakukan penyekatan atau penutupan jalan," ujarnya.

Ia mengatakan petugas akan melakukan antisipasi potensi kerumunan dengan terlebih dahulu membubarkan massa. Pihaknya memperkirakan pusat kota akan dipadati oleh maayarakat.

"Insya Allah kita juga selalu akan melakukan pembubaran potensi kerumunan yang kemungkinan bisa diantisipasi akan terjadi konsentrasi masa di libur natal tahun baru di Pasoepati, Jalan Braga, Jalan Asia Afrika, Jalan Dago. Kita sepakat akan melakukan antisipasi pembubaran massa sebelum kerumunan itu membesar," katanya.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ وَمِنْ اَهْلِ الْكِتٰبِ مَنْ اِنْ تَأْمَنْهُ بِقِنْطَارٍ يُّؤَدِّهٖٓ اِلَيْكَۚ وَمِنْهُمْ مَّنْ اِنْ تَأْمَنْهُ بِدِيْنَارٍ لَّا يُؤَدِّهٖٓ اِلَيْكَ اِلَّا مَا دُمْتَ عَلَيْهِ قَاۤىِٕمًا ۗ ذٰلِكَ بِاَنَّهُمْ قَالُوْا لَيْسَ عَلَيْنَا فِى الْاُمِّيّٖنَ سَبِيْلٌۚ وَيَقُوْلُوْنَ عَلَى اللّٰهِ الْكَذِبَ وَهُمْ يَعْلَمُوْنَ
Dan di antara Ahli Kitab ada yang jika engkau percayakan kepadanya harta yang banyak, niscaya dia mengembalikannya kepadamu. Tetapi ada (pula) di antara mereka yang jika engkau percayakan kepadanya satu dinar, dia tidak mengembalikannya kepadamu, kecuali jika engkau selalu menagihnya. Yang demikian itu disebabkan mereka berkata, “Tidak ada dosa bagi kami terhadap orang-orang buta huruf.” Mereka mengatakan hal yang dusta terhadap Allah, padahal mereka mengetahui.

(QS. Ali 'Imran ayat 75)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement