Jumat 24 Dec 2021 17:55 WIB

Dosen Universitas BSI Beri Pelatihan Media Pembelajaran Interaktif Lewat Flashcard

Pelatihan flashcard Dosen Universitas BSI diberikan ke pengajar TK Sakinah Sukabumi

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pandemi Covid-19, membuat guru ditantang untuk melakukan inovasi dan mencari alternatif media pembelajaran, agar siswa tidak jenuh dalam belajar daring.  Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) memahami hal ini dengan memberikan pelatihan kepada para pengajar di TK Sakinah, Cibadak, Sukabumi, pada Jumat dan Sabtu, 10-12 Desember 2021 silam.
Foto: UBSI
Pandemi Covid-19, membuat guru ditantang untuk melakukan inovasi dan mencari alternatif media pembelajaran, agar siswa tidak jenuh dalam belajar daring. Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) memahami hal ini dengan memberikan pelatihan kepada para pengajar di TK Sakinah, Cibadak, Sukabumi, pada Jumat dan Sabtu, 10-12 Desember 2021 silam.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pandemi Covid-19, membuat guru ditantang untuk melakukan inovasi dan mencari alternatif media pembelajaran, agar siswa tidak jenuh dalam belajar daring.  Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) memahami hal ini dengan memberikan pelatihan kepada para pengajar di TK Sakinah, Cibadak, Sukabumi, pada Jumat dan Sabtu, 10-12 Desember 2021 silam. 

Rifa Nurafifah Syabaniah, selaku ketua pelaksana mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam membuat media pembelajaran interaktif menggunakan flashcard. 

“Semoga dengan adanya pelatihan ini, bisa menambah wawasan dan khasanah media pembelajaran, serta memberikan kemudahan dalam mengenalkan bahasa inggris bagi  siswa TK. Flashcard merupakan alat bantu yang digunakan untuk menunjang pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Salah satu media pembelajaran melalui flashcard ini, cukup efektif untuk mengenalkan kosa kata baru bahasa inggris,” ungkap Rifa dalam rilis yang diterima, Kamis (23/12). 

Ia menambahkan, flashcard pada pelatihan ini dirancang secara sistematis dengan berpedoman kepada kurikulum yang berlaku. Sehingga, program tersebut memungkinkan peserta didik, mencermati materi pelajaran yang lebih mudah dan menarik. 

“Maka dari itu, untuk mencapai hasil pembelajaran yang maksimal, perlu adanya pemanfaatan media alternatif serupa dengan kegiatan kuis, misalnya. Salah satunya yaitu dengan menggunakan media flashcard. Pelatihan inipun mendapat respon yang sangat baik dari para peserta terutama para guru. Mereka sangat antusias dengan adanya pelatihan ini, karena sangat bermanfaat bagi mereka,” imbuhnya. 

Ia berharap, melalui kegiatan ini, para peserta pelatihan terutama para guru atau tenaga pendidik dapat mengimplementasikan materi yang diberikan. Sehingga mereka dapat mengembangkan dan memiliki media pembelajaran untuk kegiatan pembelajaran selanjutnya.

“Selaku tim pelaksana kegiatan pengabdian masyarakat Universitas BSI kampus Sukabumi, kami ucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya pelatihan ini. Kami berharap guru TK Sakinah 1, segera dapat mengaplikasikan penggunaan flashcard ini di sekolah atau keperluan lainnya. Semoga dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam membuat media pembelajaran,”tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement