Selasa 28 Dec 2021 14:00 WIB

Pasien Pertama dari Transmisi Lokal Omicron tanpa Gejala

Kementerian Kesehatan memantau kondisi pasien pertama transmisi lokal omicron.

Red: Ratna Puspita
Pasien pertama yang mengalami transmisi lokal virus corona tipe SARS-CoV-2 varian omicron (B.1.1.529) di Indonesia tidak mengalami gejala sakit. (Foto: Ilustrasi)
Foto: Pixabay
Pasien pertama yang mengalami transmisi lokal virus corona tipe SARS-CoV-2 varian omicron (B.1.1.529) di Indonesia tidak mengalami gejala sakit. (Foto: Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasien pertama yang mengalami transmisi lokal virus corona tipe SARS-CoV-2 varian omicron (B.1.1.529) di Indonesia tidak mengalami gejala sakit. "Jadi sama sekali kita tidak temukan gejala sampai dengan hari ini," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers secara virtual yang diikuti dari Jakarta, Selasa (28/12).

Kementerian Kesehatan memantau kondisi pria berusia 37 tahun yang terinfeksi Omicron itu sejak dia didiagnosa tertular Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan antigen dan tes RT-PCR pada 20 Desember 2021 hingga saat ini. "Tidak ada gejala khusus ataupun tidak ditemukan gejala, artinya orang ini adalah tanpa gejala," katanya.

Baca Juga

Menurut Nadia, pasien itu sedang menjalani karantina di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso Jakarta. "Kita ingin memastikan, meminimalisasi kemungkinan penularan yang mungkin terjadi, karena kita tahu, fasilitas untuk RSPI Sulianti Saroso itu jauh lebih baik dari pada isolasi, sambil kita mempelajari pola klinis daripada Omicron yang tertular dengan transmisi lokal ini," katanya.

Selain itu, ia melanjutkan, upaya pengendalian infeksi di RSPI Sulianto Saroso dinilai lebih baik dan lebih ketat dibandingkan di fasilitas karantina. Pasien pertama yang mengalami transmisi lokal Omicron tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri atau riwayat kontak dengan pelaku perjalanan dari luar negeri. 

Sebelum dinyatakan tertular Omicron, dia tercatat melakukan perjalanan dari Medan ke Jakarta.

Baca Juga: Gotong Royong, Kunci Mengatasi Pandemi Covid-19

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement