Selasa 28 Dec 2021 18:40 WIB

Pemkab Garut Siapkan 20 Ribu Alat Tes Usap untuk Wisatawan

Tim Satgas Garut akan melakukan tes usap secara acak di tempat wisata dan di jalan.

Red: Bilal Ramadhan
Kondisi tempat isolasi terpusat untuk pasien Covid-19 di Desa Jayaraga, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut.
Foto: Republika/Bayu Adji P
Kondisi tempat isolasi terpusat untuk pasien Covid-19 di Desa Jayaraga, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat menyiapkan 20 ribu alat tes usap antigen untuk digunakan secara acak bagi masyarakat maupun wisatawan yang datang ke Garut pada musim libur akhir tahun sehingga bisa diketahui secara dini ada atau tidaknya penyebaran wabah Covid-19.

"Kami menyediakan 20 ribu (alat tes usap antigen) untuk ini, dan kami bisa nambah lagi," kata Bupati Garut Rudy Gunawan.

Baca Juga

Ia menuturkan Pemkab Garut maupun unsur lainnya sudah siap melakukan pengamanan termasuk mencegah penyebaran wabah Covid-19 pada libur pergantian tahun yang diprediksi akan terjadi lonjakan kunjungan wisatawan dari berbagai daerah.

Tim Satgas Penanganan Covid-19 Garut, kata dia, akan melakukan tes usap secara acak untuk mendeteksi penyebaran wabah Covid-19 di tempat wisata maupun di pos pengamanan di jalan.

"Kami akan swab antigen acak, dan juga di tempat pariwisata," katanya.

Ia menyampaikan alat tes usap di Garut cukup tersedia banyak, saat ini ada 40 ribuan alat tes usap yang bisa digunakan apabila di lapangan membutuhkan tambahan.

Selama tes usap secara acak di Garut, kata dia, hasilnya selalu negatif sehingga tidak ada penambahan kasus COVID-19 dalam pemeriksaan acak tersebut. "Sekarang ini ketika dicek antigen secara acak semuanya alhamdulillah negatif," katanya.

Selain kesiapan Pemkab Garut, jajaran Polres Garut juga telah menyiapkan tim vaksinator untuk memberikan pelayanan vaksinasi di lapangan bagi siapa saja yang datang ke Garut selama libur akhir tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement