Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image lbi

Apa Itu Detoksifikasi dalam Rehabilitasi Narkoba

Info Terkini | Wednesday, 29 Dec 2021, 16:11 WIB

Detoksifikasi adalah langkah yang diperlukan dalam proses pemulihan dalam rehabilitasi narkoba. Detoksifikasi mengacu pada gejala putus obat atau sakau dari zat adiktif. Detoksifikasi dapat dilakukan baik dari rumah maupun melalui pusat rehabilitasi narkoba Ashefa Griya Pusaka. Perawatan mana yang tepat akan tergantung pada tingkat keparahan kecanduan.

Ketahui juga apa itu sakau disini

Apa sih sinte itu, cek disini

Kenali bahaya putau disini

Penting untuk disadari bahwa detoksifikasi hanyalah langkah pertama pengobatan. Dibutuhkan lebih dari sekedar detoksifikasi untuk membuat pemulihan yang permanen dari kecanduan. Setelah itu perlu dilakukan observasi guna mengamati, perubahan dan fenomena yang tumbuh dan berkembang. Selama perawatan korban penyalahguna akan diawasi dengan cermat oleh tim medis untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik. Tujuannya adalah untuk memantau dengan cermat gejala sakau dan menguranginya secara perlahan. Jika perlu, pasien akan diberi resep obat untuk membuat proses detoksifikasi senyaman mungkin.

Ini bisa menjadi proses yang sulit dan sulit untuk mengatasi kecanduan alkohol, narkoba/NAPZA. Oleh karena itu, mengikuti terapi selama perawatan detoks adalah kombinasi yang efektif. Dalam proses detoksifikasi, berbagai obat dan pengganti obat digunakan dalam pengobatan kecanduan ini. Obat-obat itu akan diresepkan oleh dokter atau psikiater. Pengguna pun akan tetap berada di bawah pengawasan medis jika menggunakan obat-obatan atau pengganti obat tersebut.

Tentu saja setiap obat yang diberikan dalam proses detoksifikasi memiliki efek samping dan risiko. Detoksifikasi secara harfiah berarti mengeluarkan racun. Selama detoksifikasi, tubuh pecandu akan membuang zat adiktif. Pecandu kemudian tidak lagi bergantung secara fisik namun mungkin masih bergantung secara mental. Jenis obat pengganti yang diberikan kepada pecandu akan tergantung dari narkoba yang selama ini digunakan.

Dokter mungkin meresepkan metadon untuk menggantikan heroin atau opiat lainnya. Penggunaan metadon kemudian secara bertahap dikurangi. Metadon memastikan bahwa keluhan tidak terlalu parah. Gejala umumnya ringan sampai sedang. Pecandu pun dapat berhenti menggunakan heroin dengan mengonsumsi buprenorfin. Pengguna kemudian akan mengurangi dosisnya dalam satu hingga dua minggu. Gejala pengobatan dengan buprenorfin umumnya ringan dan kurang dibandingkan dengan metadon.

Sementara untuk metode detoksifikasi alkohol biasa diberikan obat penenang (benzodiazepin, seperti diazepam atau tranxene) untuk jangka waktu tertentu, dengan jadwal tapering yang tetap. Obat-obatan ini memastikan bahwa pengguna mengalami lebih sedikit keluhan. Selain itu, pengguna biasanya mendapatkan vitamin B1, karena minum banyak alkohol sering kali berbarengan dengan sedikit makan dan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Akibatnya pengguna akan kekurangan mineral dan vitamin, terutama vitamin B1. Kekurangan B1 meningkatkan risiko penyakit Korsakoff.

Naltrexone (Revia) digunakan dalam pengobatan kecanduan heroin atau opiat lain untuk mengurangi keinginan "mengidam" dan mencegah kekambuhan. Naltrexone adalah zat yang akan melawan efek opiat. Heroin atau opiat lainnya kemudian tidak lagi berpengaruh pada otak. Zat seperti itu disebut antagonis opiat. Naltrexone sendiri tidak membuat ketagihan.

Metadon adalah opiat sintetik jangka panjang yang digunakan sebagai pengganti opiat ilegal. Dokter dalam proses detoksifikasi pasien narkoba mungkin meresepkan metadon sebagai pengganti heroin. Jika tujuannya adalah menghentikan opiat sama sekali, dosis metadon dapat diturunkan secara bertahap. Hal ini membuat gejala sakau akan kurang parah. Namun, dalam kebanyakan kasus, metadon diberikan dalam 'dosis pemeliharaan' permanen.

Karena metadon bertahan lebih lama daripada heroin, tubuh tidak meminta dosis baru dengan cepat. Ini berarti bahwa pecandu tidak harus terus-menerus mencari heroin dan dapat mulai hidup dalam ritme siang dan malam yang normal. Itu pun akan meningkatkan kesejahteraan fisik, mental dan sosial. Detoksifikasi adalah langkah awal dari rangkaian proses rehabilitasi narkoba yang harus dijalani pecandu.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image