Rabu 29 Dec 2021 18:30 WIB

Ini Empat Pertemuan Klasik Indonesia Vs Thailand di Piala AFF

Final Piala AFF 2020 ini bisa dibilang pertemuan klasik dua tim Asia Tenggara.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Muhammad Akbar
Logo Piala AFF 2020
Foto: Twitter AFF Suzuki Cup 2020
Logo Piala AFF 2020

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Final AFF 2020 yang berlangsung di Singapura mempertemukan Indonesia dan Thailand. Ini bisa dibilang pertemuan klasik dua tim Asia Tenggara.

Karena itu, bentrokan ini mengingatkan memori pertemuan kedua tim di partai final AFF edisi sebelumnya.

Baca Juga

Dilansir dari laman resmi AFFSuzukiCup, Rabu (29/12), Indonesia dan Indonesia sudah bertemu tiga kali di partai final AFF.

Tim Gajah Perang memenangkan tiga pertemuan di final atas Garuda. Meski demikian, Indonesia juga menikmati beberapa kemenangan yang tak terlupakan atas Thailand.

Jelang final leg pertama AFF 2020 di Stadion Nasional Singapura, Rabu (29/12) malam WIB tak ada salahnya melihat empat pertemuan klasik kedua negara ini:

Berikut empat final klasik Indonesia vs Thailand

1998: Indonesia 3-3 Thailand (perebutan tempat ketiga Piala Tiger)

Setelah kedua tim kalah di semifinal, mereka bertarung untuk menjadi tim terbaik ketiga. Laga berakhir imbang 3-3 sebelum pemenangnya ditentukan lewat babak adu penalti yang berlangsung di Ho Chi Minh City. Indonesia keluar sebagai juara tiga dengan skor 5-4.

Thailand tampak akan memenangkan pertandingan ketika unggul 3-2 jelang laga usai.  Namun gol penyama kedudukan Yusuf Ekodono pada menit ke-89 membuyarkannya sehingga pemenang ditentukan melalui babak penalti yang dimenangkan Indonesia.

Final 2002: Indonesia 2-2 Thailand

Pemenang di edisi ini ditentukan melalui babak adu penalti dimana Thailand keluar sebagai pemenang dengan skor 2-4.  Laga berlangsung sengit. Thailand unggul 2-0 pada babak pertama melalui Chukiat Noosarung dan Therdsak Chaiman. Namun Indonesia bangkit pada babak kedua.

Yaris Riyadi mencetak gol cepat ketika babak kedua baru dimulai. Gendut Doni Christiawan menyamakan kedudukan pada 11 menit waktu tersisa. Adu penalti pun tak terelakkan.

Indonesia tak mampu menuntaskan keajaiban comeback meskipun Kiatisuk Zico Senamuang gagal sebagai tendangan pembuka Thailand. Dua pemain Indonesia tendangannya melenceng dari target. Dan Thailand akhirnya menyegel gelar juara lewat tendangan panenka Dusit Chalemsan.

Babak Grup AFF 2010: Indonesia 2-1 Thailand

Indonesia menjamu Thailand kembali di Stadion Gelora Bung Karno pada babak penyisihan grup. Thailand membutuhkan kemenangan atas Indonesia yang sudah mengamankan posisi puncak klasemen waktu itu.

Awalnya berjalan rencana ketika Suree Sukha membawa Thailand unggul 1-0. Namun pada 10 menit terakhir, drama terjadi. Bambang Pamungkas mencetak gol penyama kedudukan dari titik putih di menit ke-81. Indonesia mendapatkan hadiah penalti lagi pada babak tambahan waktu menyusuk handball pemain Thailand. Bambang pun sukses melakukan tugasnya.

 

Final AFF 2016: Indonesia 2-3 (agregat) Thailand

Pada 2016, kedua tim berhadapan di partai puncak untuk ketiga kalinya. Indonesia memenangkan pertandingan pada leg pertama yang berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat. Thailand sempat unggul 1-0 lewat Teerasil Dangda pada babak pertama.

Indonesia bangkit setelah jeda ketika upaya Rizky Rizaldi mencetak gol pada menit ke-65 sekaligus menyamakan kedudukan. Lima menit kemudian Indonesia berbalik unggul lewat sundulan Hansamu Yama Pranata.

Kemenangan tersebut membuat rakyat Indonesia optimis Garuda meraih gelar AFF untuk pertama kalinya waktu itu. Namun Indonesia kembali gagal karena di leg kedua yang berlangsung di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand, pasukan Alfried Ridl takluk 2-0 berkat dua gol Siroch Chatthong.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement