Rabu 29 Dec 2021 20:23 WIB

Live Score Final Piala AFF 2020: Babak Pertama, Indonesia Tertinggal 1-0 dari Thailand

Thailand tampil dengan tekanan tinggi sejak pertandingan dimulai.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Muhammad Akbar
Chanathip Songkrasin dari Thailand merayakan setelah mencetak gol kedua, pada pertandingan leg pertama semifinal Piala AFF Suzuki 2020 antara Vietnam dan Thailand di Singapura, Kamis, 23 Desember 2021.
Foto: AP/Suhaimi Abdullah
Chanathip Songkrasin dari Thailand merayakan setelah mencetak gol kedua, pada pertandingan leg pertama semifinal Piala AFF Suzuki 2020 antara Vietnam dan Thailand di Singapura, Kamis, 23 Desember 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPORE--Chanathip Songkrasin membawa Thailand Unggul 1-0 pada babak pertama dalam laga final leg pertama Piala AFf 2020, di Stadion Nasional Singapura, Rabu (29/12).

Gol tersebut berawal dari keberhasilan Philip Roller melewati hadangan beberapa pemain Indonesia sebelum memberikan assist kepada Songkrasin yang berdiri bebas di luar kotak 16.

Thailand tampil dengan tekanan tinggi sejak pertandingan dimulai. Para pemain Indonesia pun harus bekerja keras menghentikan serangan lawan. Namun gawang Nade Arga Winata harus kebobolan ketika laga berjalan dua menit lewat sepakan Chanathip Songkrasin.

 

Thailand mengeksploitasi sisi kiri pertahanan Indonesia yang ditinggalkan Pratama Arhan. Mereka sadar absennya Arhan membuat sisi kiri pertahanan Indonesia salah satu kelemahan.

 

Indonesia mendapatkan peluang pada menit ke-15 ketika mendapatkan hadiah tendangan bebas. Alfeandra Dewangga tak melakukan tembakan langsung ke gawang melainkan membagikannya ke rekannya di sisi kanan sehingga berhasil dipatahkan oleh pemain lawan.

 

Baca juga : Ironi Jelang Final Piala AFF 2020, Kesalahan Sendiri Ketua Umum PSSI

 

Tim Garuda kembali mendapatkan peluang pada menit ke-23 ketika Kambuaya melakukan umpan panjang dari belakan ke depan. Witan Sulaiman yang menerima bola memberikan umpan kepada Irfan Jaya. Namun Irfan yang menusuk ke area penalti bola menyentuh ke tangannya sebelum melakukan tembakan.

 

Menit ke-32, Indonesia mendapatkan peluang menyamakan kedudukan melalui tendangan sudut. Namun Fachruddin mendorong pemain Thailand sehingga gagal mengancam gawang lawan.  

 

Indonesia nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-41 ketika Dewangga berdiri tanpa pengawalan di depan gawang. Namun tendangannya saat menerima umpan Witan Sulaiman dari sisi kanan pertahanan Thailand melambung tinggi. Hingga babak pertama usai tak ada gol tambahan.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
هٰٓاَنْتُمْ اُولَاۤءِ تُحِبُّوْنَهُمْ وَلَا يُحِبُّوْنَكُمْ وَتُؤْمِنُوْنَ بِالْكِتٰبِ كُلِّهٖۚ وَاِذَا لَقُوْكُمْ قَالُوْٓا اٰمَنَّاۖ وَاِذَا خَلَوْا عَضُّوْا عَلَيْكُمُ الْاَنَامِلَ مِنَ الْغَيْظِ ۗ قُلْ مُوْتُوْا بِغَيْظِكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ ۢبِذَاتِ الصُّدُوْرِ
Beginilah kamu! Kamu menyukai mereka, padahal mereka tidak menyukaimu, dan kamu beriman kepada semua kitab. Apabila mereka berjumpa kamu, mereka berkata, “Kami beriman,” dan apabila mereka menyendiri, mereka menggigit ujung jari karena marah dan benci kepadamu. Katakanlah, “Matilah kamu karena kemarahanmu itu!” Sungguh, Allah Maha Mengetahui segala isi hati.

(QS. Ali 'Imran ayat 119)

Berita Lainnya