Jumat 31 Dec 2021 19:50 WIB

Sosok Madam Pang Ada di Balik Kesuksesan Timnas Thailand

Sebagai manajer, Madam Pang semangati pemain dengan memberi doorprize barang mewah.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Endro Yuwanto
Madam Pang (tengah) saat memberikan dukungan kepada para pemain timnas Thailand di Piala AFF 2020.
Foto: Dok. IG Madam Pang
Madam Pang (tengah) saat memberikan dukungan kepada para pemain timnas Thailand di Piala AFF 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Siapa yang tidak kenal sosok Madam Pang yang setia mendampingi tim nasional (timnas) Thailand di ajang Piala AFF 2020. Sosoknya yang ceria dan hangat menjadi penyemangat bagi Thailand hingga di final Piala AFF 2020.

Madam Pang memiliki nama panjang Nualphan Lamsam. Jutawan Thailand ini sudah tidak asing dengan sepak bola Thailand. Dia ditunjuk oleh Asosiasi Sepak Bola Thailand untuk mengemban tugas manajer timnas putra Thailand sejak Agustus 2021 lalu.

Baca Juga

Pemain Thailand, Supachok Sarachat, mengakui sosok Madam Pang memberikan semangat khusus bagi tim. Bahkan sehari sebelum pertandingan kontra Indonesia di leg pertama final Piala AFF 2020, Madam Pang menyemangati pemain dengan memberikan doorprize barang mewah.

"Kami harus berterima kasih pada manajer kami yang membawa atmosfer baik pada tim, menolong tim dengan fasilitas, dan membentuk lingkungan yang bagus dalam tim," kata Supachok, Kamis (30/12).

Madam Pang memiliki ketertarikan sendiri dengan sepak bola Thailand. Sebelum menjadi manajer, karier manajerial sepak bolanya sudah sangat panjang di samping bisnis lain yang digelutinya.

Madam Pang berharil membawa timnas putri Thailand masuk sebagai finalis Piala Dunia Wanita pada 2015 dan 2019 silam. Dia pun menjadi direktur klub Thailand, Port.

"Dengan aktivitas-aktivitas yang dia lakukan dengan tim, dia memberikan tim kenyamanan sehingga semua bisa tampil baik," kata Supachok.

Madam Pang mengawali tugas manajerialnya dengan menunjuk Alexandra Polking untuk mengemban jabatan pelatih. Target awal pun diberikan asosiasi agar Madam Pang membawa Thailand juara Piala AFF 2020 yang kini tinggal satu langkah lagi.

Leg kedua final Piala AFF 2020 akan berlangsung di Stadion Nasional, Singapura, pada Sabtu (1/1) mendatang. Polking mengakui optimistis bisa menjawab tantangan Madam Pang untuk membawa timnas juara keenam kalinya sejak gelaran ini dimulai pada 1996 silam. Apalagi Thailand sudah unggul 4-0 di leg pertama atas Indonesia.

"Manajer tim kami sangat kuat, dia bisa membentuk hubungan baik antara klub dan timnas. Dia pun bisa mendapatkan pemain-pemain terbaik untuk timnas," kata Polking.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement