Unissula PTS Terbaik Jateng Versi UI GreenMetric, Ini Respon Pimpinan Kampus

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq

Salah satu gedung di sudut kampus Unissula Semarang.
Salah satu gedung di sudut kampus Unissula Semarang. | Foto: Unissula

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Universitas Indonesia (UI) telah merilis pemeringkatan perguruan tinggi 2021 versi UI GreenMetric World University Rangkings, pada awal Desember 2021 lalu. UI GreenMetric merupakan inovasi dari UI yang telah dikenal luas di dunia internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus.

Adapun aspek yang dinilai dalam pemeringkatan UI GreenMatric antara lain meliputi  pengaturan dan infrastruktur, energi dan perubahan iklim, pengelolaan limbah, pengelolaan air, transportasi, pendidikan, serta penelitian. Pada 2021, UI GreenMetric diikuti 956 universitas terbaik di dunia.

Berdasarkan pemeringkatan tersebut, UI GreenMatric menempatkan Wageningen University & Research Belanda berhasil meraih rangking perguruan tinggi terbaik. Sementara peringkat ke-dua diraih oleh University of Nottingham Inggris, dan University of Groningen Belanda menduduki peringkat terbaik ke-tiga.

Masih dalam pemeringkatan ini, tiga perguruan tinggi negeri (PTN) dari Indonesia yang berhasil menempati rangking terbaik sesuai dengan urutannya. Yakni, Universitas Indonesia (UI) di peringkat ke-24, Universitas Diponegoro (Undip) peringkat ke-30, dan Universitas Gadjah Mada (UGM) di peringkat ke-33.

Sedangkan berdasarkan pemeringkatan PTS se-Jawa Tengah, Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di daerah tersebut. Menanggapi hasil penilaian UI GreeMatric ini, segenap warga Unissula pun menyambut gembira. Wakil Rektor III Unissula, Muhammad Qomaruddin  mengatakan, ini merupakan kali pertama bagi Unissula berpastisipasi dalam penilaian UI GreenMetric World University Rangkings.

“Ini merupakan partisipasi pertama Unissula dalam UI GreenMetric dan kita meraih peringkat yang bagus. Hal ini membuktikan bahwa tata kelola pendidikan di Unissula sangat ramah lingkungan sesuai dengan parameter yang diakui dunia internasional,” ungkapnya, di Semarang, Senin (3/1).

Senada dengan Qomaruddin, Rektor Unissula, Drs Bedjo Santoso, juga menyampaikan apresiasinya terhadap segenap civitas akademika Unissula. Prestasi tersebut akan semakin memotivasi serta mennyemangati civitas akademika Unissula dalam memberikan layanan pendidikan terbaik, dengan tata kelola lingkungan hidup kampus yang berkelanjutan.

Terlebih tata kelola lingkungan berkelanjutan senantiasa menjadi isu utama dunia. “Syukur alhamdulillah, ini tentu menjadi prestasi yang sangat baik bagi Unissula, semoga capaian ini bisa ditingkatkan di masa mendatang,” ungkapnya.

Bagi rektor, capaian ini akan semakin mendorong seluruh civitas akademika Unissula dalam memberikan layanan pendidikan terbaik dengan tata kelola lingkungan kampus yang ramah lingkungan. “Sehingga prestasi Unissula akan semakin gemilang di masa yang akan datang,” tegas dia.

Terkait


Guru Besar Unissula Fokus Majukan Ekonomi Syariah

Himada Unissula Sukses Gelar Webinar Pranikah

Unissula Buka Penerimaan Mahasiswa Jalur Siswa Berprestasi

Rektor Unissula Dorong Lulusan Maksimalkan Potensi Digital

5.200 Maba Unissula Diajak Bangun Bangsa dari Desa

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark