Senin 03 Jan 2022 17:23 WIB

Revitalisasi Tugu Pamulang Ditargetkan Rampung 6 Januari 2022

Disain tugu tersebut sesuai disain pemenang sayembara dari Gubernur Wahidin Halim

Rep: eva rianti/ Red: Hiru Muhammad
Wajah' Tugu Pamulang di Jalan Siliwangi, Pamulang, Tangsel, Banten dalam proses revitalisasi, Senin (3/1/2022). Tugu tersebut ditargetkan rampung direvitalisasi pada 6 Januari 2022.
Foto: eva rianti
Wajah' Tugu Pamulang di Jalan Siliwangi, Pamulang, Tangsel, Banten dalam proses revitalisasi, Senin (3/1/2022). Tugu tersebut ditargetkan rampung direvitalisasi pada 6 Januari 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN--Revitalisasi Tugu Pamulang yang berlokasi di bundaran Jalan Siliwangi, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Provinsi Banten hampir rampung. Ditargetkan, penyelesaian tugu yang dinilai sebagai ikon wilayah Pamulang tersebut selesai pada Kamis, 6 Januari 2022.  

"Saat ini prosesnya sudah mencapai 98 persen, tinggal bagian atap dan penyempurnaan detail," ujar Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Banten Arlan Marzan, Senin (3/1). 

Baca Juga

Arlan menyebutkan,  pengerjaan renovasi Tugu Pamulang segera selesai dalam waktu dekat. Lebih tepatnya, dia mengatakan bakal ditargetkan rampung pada 6 Januari 2022. "Semoga pekan depan sudah bisa diresmikan," kata dia. 

Kegiatan revitalisasi Tugu Pamulang diketahui dilakukan dengan mendasarkannya pada desain pemenang hasil sayembara yang diadakan Gubernur Banten Wahidin Halim. Sayembara tersebut diadakan seiring dengan munculnya polemik dari masyarakat ihwal desain Tugu Pamulang yang tidak sesuai dengan harapan. 

Tugu yang dikabarkan memakan dana anggaran sekitar Rp 200 juta tersebut mulai direvitalisasi pada November 2021, dan pada awalnya ditargetkan selesai pada Desember 2021. Namun, mundur hingga awal tahun 2022 ini.

Pengamatan Republika, desain Tugu Pamulang yang hampir rampung tersebut mengalami perombakan cukup mencolok dibandingkan dengan desain sebelumnya yang menurut sejumlah warga mirip toren air. Nilai estetis dari tugu tersebut kali ini lebih menarik perhatian. Namun, revitalisasi perlu dimaksimalkan hingga benar-benar bisa menjadi ikon wilayah Pamulang dan membanggakan bagi warganya serta tidak sekedar menghabis-habiskan anggaran. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement