Rabu 05 Jan 2022 01:58 WIB

Prediksi Tren Teknologi 2022

Kecerdasan buatan dan virtual reality diprediksi makin booming di 2022.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Setyanavidita livikacansera/ Red: Dwi Murdaningsih
Gim virtual reality. Kecerdasan buatan dan virtual reality diprediksi makin booming di 2022 seiring dengan jaringan 5G yang juga makin banyak digunakan.
Foto: EPA
Gim virtual reality. Kecerdasan buatan dan virtual reality diprediksi makin booming di 2022 seiring dengan jaringan 5G yang juga makin banyak digunakan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahun 2022 akan diwarnai oleh berbagai dinamika teknologi yang berdampak bagi kehidupan sehari-hari. Berbagai pengembangan teknologi bisa dihadirkan sebagai solusi untuk menyajikan kemudahan atau solusi dari permasalahan dalam keseharian.

 

Baca Juga

Sepanjang 2021, kita makin familiar dengan istilah aset digital. Kita juga menyaksikan kelahiran industri seni dan digital baru yang hadir dalam bentuk non fungible token (NFT), berkenalan dengan metaverse, dan mengawali langkah baru evolusi pengembangan jaringan 5G.

Tahun depan, diperkirakan terdapat sejumlah penerapan teknologi terkini dalam beberapa aspek kehidupan. Dikutip dari Make Use Of, setidaknya terdapat delapan terobosan teknologi yang akan makin mewarnai kehidupan masyarakat, di antaranya:

Kecerdasan buatan kian masif

Artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan telah banyak membantu kehidupan masyarakat. Tahun depan, penerapan AI pun kian masif lewat kehadiran gawai, aplikasi, dan laman, yang dibekali dengan teknologi AI.

 

Lewat AI, chatbots bisa jadi sarana komunikasi yang setara dengan pegawai customer support. Selain itu, beragam rekomendasi konten dalam media sosial dan streaming website tak lagi hanya akan menggunakan data analisis tradisional, tapi menerapkan AI yang bisa melakukan analisis secara lebih cepat dan akurat. 

Virtual reality kian masif

Penerapan AI yang akan ditunjang oleh 5G otomatis bisa membuat teknologi VR kian merebak. Penerapannya pun tak hanya dalam industri hiburan, tapi juga mulai akrab digunakan dalam penelitian, kegiatan belajar mengajar dan kegiatan medis.

Bahkan, VR juga memungkinkan para pekerja remote untuk mengikuti pertemuan virtual dengan lebih atraktif. Seluruh penerapan VR itu juga ditunjang oleh teknologi mesin belajar, edge computing, teknologi animasi dan fotografi terkini, sehingga VR bisa hadir dengan gambar tiga dimensi dan konten video yang mumpuni. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement