Rabu 05 Jan 2022 06:00 WIB

Empat Ayat Alquran tentang Jin Sebagai Makhluk Ghaib

Jin adalah makhluk Allah yang tersembunyi dari kita.

Rep: Ratna ajeng tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
Empat Ayat Alquran tentang Jin Sebagai Makhluk Ghaib. Foto:  Alquran (ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Empat Ayat Alquran tentang Jin Sebagai Makhluk Ghaib. Foto: Alquran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jin adalah makhluk Allah yang tersembunyi dari kita. Namun jin berbeda dari malaikat, mereka seperti manusia yang dikaruniai kehendak bebas karena mereka dapat memilih untuk menjadi baik atau buruk. 

Alquran pun memiliki satu surat yang diberi nama Al Jinn. Beberapa ayatnya pun membahas mengenai makhluk Allah satu ini, empat diantaranya, melansir laman aboutislam.net.

Baca Juga

Pertama, Al an'am ayat 128, jin bisa menyesatkan manusia

وَيَوْمَ يَحْشُرُهُمْ جَمِيعًا يَا مَعْشَرَ الْجِنِّ قَدِ اسْتَكْثَرْتُمْ مِنَ الْإِنْسِ ۖ وَقَالَ أَوْلِيَاؤُهُمْ مِنَ الْإِنْسِ رَبَّنَا اسْتَمْتَعَ بَعْضُنَا بِبَعْضٍ وَبَلَغْنَا أَجَلَنَا الَّذِي أَجَّلْتَ لَنَا ۚ قَالَ النَّارُ مَثْوَاكُمْ خَالِدِينَ فِيهَا إِلَّا مَا شَاءَ اللَّهُ ۗ إِنَّ رَبَّكَ حَكِيمٌ عَلِيمٌ

Dan (ingatlah) pada hari ketika Dia mengumpulkan mereka semua (dan Allah berfirman), "Wahai golongan jin! Kamu telah banyak (menyesatkan) manusia." Dan kawan-kawan mereka dari golongan manusia berkata, "Ya Tuhan, kami telah saling mendapatkan kesenangan dan sekarang waktu yang telah Engkau tentukan buat kami telah datang." Allah berfirman, "Nerakalah tempat kamu selama-lamanya, kecuali jika Allah menghendaki lain." Sungguh, Tuhanmu Mahabijaksana, Maha Mengetahui.

Kedua, Hud ayat 119, jin pun bisa masuk neraka seperti manusia

إِلَّا مَنْ رَحِمَ رَبُّكَ ۚ وَلِذَٰلِكَ خَلَقَهُمْ ۗ وَتَمَّتْ كَلِمَةُ رَبِّكَ لَأَمْلَأَنَّ جَهَنَّمَ مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ أَجْمَعِينَ

kecuali orang yang diberi rahmat oleh Tuhanmu. Dan untuk itulah Allah menciptakan mereka. Kalimat (keputusan) Tuhanmu telah tetap, "Aku pasti akan memenuhi Neraka Jahanam dengan jin dan manusia (yang durhaka) semuanya."

Ketiga, Al Hijr ayat 26-27, jin diciptakan dari api

وَلَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ مِنْ صَلْصَالٍ مِنْ حَمَإٍ مَسْنُونٍ.وَالْجَانَّ خَلَقْنَاهُ مِنْ قَبْلُ مِنْ نَارِ السَّمُومِ

Dan sungguh, Kami telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering dari lumpur hitam yang diberi bentuk. Dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas.

Keempat,  Az Zariyat ayat 56, seperti manusia, jin diciptakan juga untuk beribadah kepada Allah SWT

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.

Sumber:

https://aboutislam.net/counseling/ask-about-islam/jinn-angels-help-humans/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement