Ratusan Warga Inggris Serukan Gelar Mantan PM Dicabut

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Fernan Rahadi

Tony Blair
Tony Blair | Foto: EPA/Duc Thanh

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON – Sebanyak lebih dari 700 ribu warga Inggris telah menandatangani petisi daring yang berisi tuntutan agar gelar ksatria mantan perdana menteri (PM) Inggris Tony Blair dicabut. Menurut mereka, Blair tak layak menerimanya karena perannya dalam perang Irak.

Dalam petisi itu disebutkan bahwa Blair adalah orang yang paling tidak pantas mendapatkan kehormatan publik. Petisi menyerukan agar Blair bertanggung jawab atas kejahatan perang yang dilakukannya.

“Tony Blair menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki, baik pada konstitusi Inggris maupun pada tatanan masyarakat bangsa. Dia secara pribadi bertanggung jawab atas kematian tak terhitung banyaknya nyawa warga sipil dan prajurit dalam berbagai konflik,” demikian bunyi petisi tersebut, dikutip laman Aljazirah, Rabu (5/1).

Kerajaan Inggris baru saja menganugerahkan gelar Knight Companion of the Most Noble Order of the Garter kepada Tony Blair. Itu merupakan sebuah ordo ksatria tertua dan paling senior di Inggris. Blair, yang menjabat perdana menteri Inggris selama satu dekade, yakni pada 1997-2007, sudah menghadapi arus kritik atas keterlibatannya dalam invasi pimpinan Amerika Serikat (AS) pada 2003.

Invasi AS menjadi jalan pembuka bagi tumbangnya rezim mantan presiden Irak, Saddam Hussein. Namun setelah kejatuhannya, Irak justru terlibat dalam konflik menahun. Hal itu menyebabkan ratusan ribu warga sipil di  sana terbunuh.

Untuk membenarkan invasi, Blair dan mantan pesiden AS saat itu, George Bush telah menyebut Hussein sebagai ancaman global. Namun hingga Saddam Hussein dieksekusi, bahkan hingga kini, AS dan Inggris tak pernah menemukan senjata pemusnah yang ditudingkan dimiliki Hossein. 

Terkait


Tony Blair dan Daniel Craig Dianugerahi Gelar Kebangsawanan Inggris

Liga Muslim dan Institut Tony Blair Jalin Kemitraan

Negara, Istana, dan Wartawan: Disemprot PM Singapura

Tony Blair Puji Visi Pemindahan Ibu Kota Baru

Jokowi-Tony Blair Bertemu Bahas Pembangunan Ibu Kota Baru

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark