Sabtu 08 Jan 2022 02:40 WIB

Gencarkan Program Wakaf Produktif, Rumah Zakat Gandeng RS Edelweiss Bandung

Wakaf uang dikelola menjadi wakaf produktif kesehatan melalui pengadaan alkes

Red: Hiru Muhammad
Sebagai bagian dari pengelolaan wakaf uang dalam program Wakaf Produktif, Rumah Zakat mengadakan MoU (Memorandum of Understanding) bersama Rumah Sakit Edelweiss Bandung dalam pengadaan alat kesehatan.
Foto: istimewa
Sebagai bagian dari pengelolaan wakaf uang dalam program Wakaf Produktif, Rumah Zakat mengadakan MoU (Memorandum of Understanding) bersama Rumah Sakit Edelweiss Bandung dalam pengadaan alat kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Sebagai bagian dari pengelolaan wakaf uang dalam program Wakaf Produktif, Rumah Zakat mengadakan MoU (Memorandum of Understanding) bersama Rumah Sakit Edelweiss Bandung dalam pengadaan alat kesehatan.

Acara dihadiri langsung Soleh Hidayat selaku Chief Waqf Officer Rumah Zakat, dan Virta DC Diputra selaku Direktur Pengembangan Bisnis RS Edelweiss, Bandung. Bekerja sama dengan RS Edelweiss dengan akad murobahah, wakaf uang dikelola menjadi wakaf produktif di sektor kesehatan melalui pengadaan alat kesehatan.

Baca Juga

Hasil dari keuntungan wakaf produktifakan disalurkan dalam program sosial, kesehatan, pendidikan, dan ekonomi. Wakaf produktif adalah sebuah skema pengelolaan donasi wakaf dari umat, yaitu dengan memproduktifkan donasi tersebut, hingga mampu menghasilkan surplus yang berkelanjutan.

Surpluswakaf produktif inilah yang menjadi sumber dana abadi bagi pembiayaan kebutuhan umat, sepertipembiayaan pendidikan dan pelayanan kesehatan yang berkualitas. (Depag RI : 2008) Dana wakaf produktif digunakan untuk pengadaan alat Transurethral Resection of the Prostate (TURP)Bipolar, yaitu alat untuk pengobatan penyakit prostat, dan alat Ureteroscopic Lithotripsy (URS), yaitu alat untuk pengobatan batu ginjal.Keluhan seputar urologi (saluran kemih) banyak dialami pria dan wanita.

Namun, di Indonesia masalah kandung kemih yang paling umum terjadi adalah prostat dan batu ginjal. Kanker prostat adalah jenis kanker yang dianggap sebagai ‘Silent’ Killer. Biasanya kanker ini terjadi tanpa adanya gejala hingga memasuki usia emas atau usia di atas 50 tahun.

Jumlah penderita kanker prostat di Indonesia berdasarkan data dari Globocan mencapai 11.361 kasus baru pada tahun 2018. Berkat amanah wakaf dari para donatur Rumah Zakat, pengadaan fasilitas kesehatan ini diharapkan bisamemberikan pilihan penanganan dengan peralatan medis terkini serta dirancang dengan mengutamakan kenyamanan pasien. Mari kita ikuti jejak kebaikan wakaf, #SaatnyaTumbuhBersama Wakaf Produktif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement