Jumat 07 Jan 2022 23:24 WIB

Simbah di Desa Ramah Lansia Sambut Fasilitas Baru

Relawan Rumah Zakat desa berdaya Pacarejo untuk mengajak lansia tetap semangat

Red: Gita Amanda
Relawan Rumah Zakat desa berdaya Pacarejo untuk mengajak lansia tetap semangat.
Foto: Rumah Zakat
Relawan Rumah Zakat desa berdaya Pacarejo untuk mengajak lansia tetap semangat.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Mengawali tahun baru biasanya diawali dengan mengumpulkan semangat untuk memulai babak baru yang penuh tantangan di depan. Begitu juga bagi Ratno Sungkowo selaku Relawan Rumah Zakat desa berdaya Pacarejo untuk mengajak lansia tetap semangat dalam beraktivitas fisik, beliau membuat satu alat latihan fisik baru di area active zonenya. 

"Alhamdulillah, kemarin Selasa sore di Taman Lansia Pos Lansia Husnul Khotimah dapat kiriman satu unit fasilitas baru untuk lansia beraktivitas fisik. Saya ingin taman lansia ini bisa ramai oleh lansia yang mau aktif bergerak dan sebagai tempat sosialisasi mereka, agar mereka selalu bahagia di usia tuanya," ungkap Ratno.

Setelah menginjak usia lanjut, kebanyakan orang mengurangi aktivitas sehari-hari, karena stamina sudah jauh berkurang, punya kondisi kesehatan tertentu, atau tidak ada kesempatan. 

Padahal, orang lanjut usia (lansia) harus tetap aktif dengan melakukan beragam aktivitas fisik. Salah satunya inisiasi Rumah Zakat dalam pembentukan area active zone. Pemberian sarana-sarana latihan fisik bagi lansia memberi kesempatan dan meningkatkan minat lansia untuk terus bergerak setiap harinya. Seperti di Desa Ramah Lansia Pacarejo ini, biasanya para lansia setelah selesai menunaikan sholat subuh berjamaah mampir untuk berolahraga di Taman Lansia.

Para lansia atau di Gunungkidul disebut simbah sangat bahagia menikmati area active zone ini. Kini sudah ada 4 alat olah fisik yang ada di area active zone, yang mana setiap alatnya sudah disesuaikan dengan kondisi fisik lansia. Sambil menunggu antrian untuk bergantian menggunakan alat olah fisik, lansia juga bisa menikmati fasilitas lain di Taman Lansia Desa Pacarejo seperti, jogging track (trek jalan dengan terapi batu), terapi ikan dan juga kebun gizi lansia. Lansia bisa releasing stress dengan menyiram dan bercocok tanam.

Melalui program Desa Ramah Lansia ini, Rumah Zakat terus berkomitmen untuk terus mewujudkan lingkungan fisik dan sosial yang memenuhi kebutuhan lansia agar tetap sehat, aktif dan produktif. Dan dalam implementasinya, kolaborasi dan sinergi dengan stakeholder terkait menjadi salah satu kunci berjalannya program pemberdayaan lansia agar maksimal. Harapannya di tahun 2022 semakin banyak inovasi program sehingga lansia terus semangat dan punya pengalaman baru di usia senjanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement