Sabtu 08 Jan 2022 10:32 WIB

Kurikulum Prototipe Disambut Positif Insan Pendidikan Sulbar 

Kurikulum Prototipe dinilai dapat mengurangi beban siswa dan guru.

Red: Irwan Kelana
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Zulfikri Anas menyampaikan materi pada kegiatan Sosialisasi  Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP)  Provinsi Sulawesi Barat, di Kabupaten Majene, Jumat (7/1).
Foto: Dok Kemendikbudristek
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Zulfikri Anas menyampaikan materi pada kegiatan Sosialisasi Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sulawesi Barat, di Kabupaten Majene, Jumat (7/1).

REPUBLIKA.CO.ID, MAJENE -- Pemangku kepentingan pendidikan Provinsi Sulawesi Barat menyambut baik  opsi penerapan Kurikulum Prototipe yang akan diberikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan  Teknologi (Kemendikbudristek) sebagai upaya pemulihan pendidikan akibat pandemi. Kurikulum Prototipe  diyakini mampu membantu sekolah mengatasi dampak kehilangan pembelajaran (learning loss) akibat tidak  optimalnya pembelajaran selama dua tahun terakhir.

Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Ratih Megasari Singkarru  menyambut baik adanya opsi Kurikulum Prototipe yang dinilainya dapat mengurangi beban siswa dan guru  karena materinya yang lebih sederhana dan fleksibel. Selain itu, kurikulum ini dinilai dapat menghadirkan  guru-guru yang mengutamakan anak didiknya dalam proses pembelajaran.  

“Saya sangat suka dengan Kurikulum Prototipe ini. Semoga kita bisa melahirkan guru-guru yang bisa  memberikan pengajaran terbaik untuk anak-anak kita ke depannya. Dan semoga ini juga bisa mengatasi  learning loss yang sedang kita hadapi akibat pandemi ini,"  kata  Ratih pada kegiatan Sosialisasi  Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP)  Provinsi Sulawesi Barat, di Kabupaten Majene, Jumat (7/1).  

Ratih juga mengingatkan agar Kemendikbudristek serius menyiapkan guru-guru yang akan menerapkan  Kurikulum Prototipe ini. Para guru yang terkendala akses informasi diharapkan dapat diberikan bimbingan  lebih agar lebih memahami dan menerapkan Kurikulum Prototipe dengan baik. "Dengan penyederhanaan  itu, bapak dan ibu guru dituntut untuk memiliki kreativitas untuk menjalankan kurikulum prototipe itu. Saya  yakin semuanya memiliki daya kreativitas. Yang penting paham dan percaya diri," pesan Anggota DPR RI  dari daerah pemilihan Sulawesi Barat ini kepada para guru, seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id.  

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Zulfikri Anas menyampaikan bahwa melalui  Kurikulum Prototipe, Kemendikbudristek mendorong pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa, serta  memberi ruang lebih luas pada pengembangan karakter dan kompetensi dasar. Penerapan Kurikulum  Prototipe tidak akan diwajibkan oleh pemerintah kepada sekolah, melainkan ditawarkan sebagai opsi atau  pilihan.  

"Bukan sekadar menjadi kebijakan yang wajib dilaksanakan. Yang terpenting adalah menjadi sebuah  gerakan perubahan, paradigma baru pendidikan, di mana kita lebih berfokus pada kebutuhan anak dalam  pembelajaran," ujar Zulfikri. 

Kurikulum Prototipe akan mulai ditawarkan secara lebih masif pada tahun 2022 hingga 2024.  Kemendikbudristek akan memberikan bimbingan intensif mengenai Kurikulum Prototipe kepada sekolah dan  dinas pendidikan melalui unit di pusat dan di daerah.  

"Bapak dan Ibu guru diberikan kesempatan untuk terlibat aktif di dalam memberikan masukan kepada kita  terkait penerapan Kurikulum Prototipe selama dua tahun ke depan," tutur Zulfikri.  

Penerapan Kurikulum Prototipe, jelas Zulfikri menjadi strategi percepatan pemulihan pendidikan dan  memitigasi kehilangan pembelajaran (learning loss) akibat pandemi. Hal tersebut tercermin dalam  karakteristik Kurikulum Prototipe, yaitu yang pertama adalah fleksibilitas bagi guru untuk melakukan  pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan peserta didik (teach at the right level).  

"Kita menyadari bahwa dunia pendidikan belum sepenuhnya memberikan layanan kepada anak. Anak belum  mendapatkan cukup ruang untuk mengeksplorasi kemampuan mereka, minat mereka, dan pilihan-pilihan  gaya belajar misalnya," terangnya.  

Kemudian yang kedua adalah fokus pada materi esensial sehingga guru punya cukup waktu untuk  pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar, seperti literasi dan numerasi. "Materi yang padat itu  cenderung membuat guru menceramahi anak tentang materi yang ada, dari awal sampai akhir, kemudian  mengejar target kompentensi, sehingga tidak sempat mengecek apakah anak sudah paham atau tidak,"  ungkap Zulfikri.  

Yang ketiga, Kurikulum Prototipe akan mendorong pembelajaran berbasis proyek untuk pengembangan  keterampilan nonteknis (soft skills) dan karakter Profil Pelajar Pancasila yaitu: keimanan, ketakwaan dan  akhlak mulia, gotong royong, kebinekaan global, kemandirian, nalar kritis, dan kreativitas.  

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Barat, Gufran Darma  mengungkapkan apresiasi atas Kurikulum Prototipe yang dinilai adaptif dan dapat mendorong peningkatan  kemampuan berfikir tingkat tinggi (higher order thinking skills). Dengan demikian, ia optimistis penerapan  Kurikulum Prototipe ini dapat mendorong peningkatan kapasitas SDM di Provinsi Sulawesi Barat.  

"Yang paling penting bagi kami saat ini adalah untuk memberikan sosialisasi sebanyak-banyaknya dalam  rangka memberikan penguatan terhadap kurikulum ini sehingga diadopsi dengan cepat," kata Gufran.  

Sosialisasi Kurikulum Prototipe diikuti oleh perwakilan Musyawarah Kepala Sekolah (MKKS) dan Pengawas  Sekolah berbagai jenjang di wilayah Provinsi Sulawesi Barat. Selain itu, sosialisasi juga diikuti oleh  perwakilan asosiasi guru, Dewan Pendidikan, Dinas-dinas Pendidikan Kota, Kabupaten, dan Provinsi, serta  Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Barat.  

"Kami terus berkoordinasi dengan Kementerian Agama seperti selama ini dalam penyusunan berbagai  bahan ajar. Termasuk dengan organisasi-organisasi pendidikan juga," pungkas Zulfikri.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement