Sabtu 08 Jan 2022 17:29 WIB

Warga Semeru Butuh Mobile Klinik, BSMI Siapkan Ambulans Taktis

Saat ini kendaraan operasional untuk bantuan maupun mobile klinik masih terbatas.

Red: Irwan Kelana
Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Provinsi Jawa Barat dan Banten menyerahkan bantuan satu unit ambulans untuk pelayanan kesehatan di wilayah Semeru, Lumajang, Jawa Timur.
Foto: Dok BSM
Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Provinsi Jawa Barat dan Banten menyerahkan bantuan satu unit ambulans untuk pelayanan kesehatan di wilayah Semeru, Lumajang, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, LUMAJANG  -- Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Provinsi Jawa Barat dan Banten menyerahkan bantuan satu unit ambulans untuk pelayanan kesehatan di wilayah Semeru, Lumajang, Jawa Timur. 

Penyerahan unit ambulans taktis ini dilakukan oleh Bidang Tanggap Bencana BSMI Jabar Hilman Bukhori dan Plt Ketua BSMI Banten dr  H  Selamet.

Hilman menuturkan, assesment di lapangan saat ini kendaraan operasional baik untuk bantuan maupun mobile  klinik (klinik berjalan)  masih terbatas. 

"Per hari ini kebutuhan yang paling mendesak adalah mobile klinik dan bisa untuk operasional sehingga desainnya dibentuk ambulans taktis," papar Hilman dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Sabtu (8/1).

Hilman mengatakan pada tahap saat ini, kebutuhan SDM relatif bisa terpenuhi dari relawan BSMI Jatim dan relawan luar daerah yang datang bergiliran. Sementara kendaraan operasional masih bergantung pada kendaraan yang dibawa relawan dari luar Lumajang. 

"Jadi diharapkan donasi dari Jabar-Banten diarahkan untuk ke kendaraan operasional berupa ambulans taktis. Untuk membawa tim di sana dalam hal mobile klinik," ujar Hilman. 

Bantuan ambulans juga diberikan mengingat saat ini bantuan logistik sudah melimpah dan terus bertambah. Sementara ada beberapa bantuan logistik yang akhirnya tidak tepat guna.

"Kita juga cek bagaimana masjid dan mushola kondisinya masih layak digunakan. Sementara relokasi pengungsi dan huntara masih menunggu keputusan, sehingga dari banyak pertimbangan bantuan ambulans taktis yang paling dibutuhkan," papar dia. 

Hilman berharap bantuan ambulans taktis ini akan terus bisa melayani masyarakat di Lumajang dan sekitarnya dalam usaha promosi kesehatan pada masa mendatang.

"Ke depan insya Allah semoga masih terus bermanfaat untuk program promosi kesehatan dari BSMI untuk warga Lumajang khususnya dan Jawa Timur umumnya. Kami ucapkan terima kasih kepada segenap donatur dari Banten dan Jabar yang telah memberikan bantuan ke saudara kita di Semeru melalui BSMI," sebut dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement