Senin 10 Jan 2022 15:32 WIB

Ronaldo Terlempar, Messi Favorit Raih Penghargaan Pemain Terbaik FIFA Tahun Ini

Messi, Lewandowski, dan Salah masuk 3 besar nominasi Pemain Terbaik FIFA tahun ini.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Cristiano Ronaldo (kanan) dan Lionel Messi. Messi menjadi kandidat kuat peraih gelar Pemain Terbaik FIFA tahun ini.
Foto: Jon Super/AP Photo
Cristiano Ronaldo (kanan) dan Lionel Messi. Messi menjadi kandidat kuat peraih gelar Pemain Terbaik FIFA tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bintang Paris Saint-Germain (PSG) Lionel Messi favorit memenangkan penghargaan Pemain Terbaik FIFA tahun ini di depan Robert Lewandowski dari Bayern Muenchen dan penyerang Liverpool Mohamed Salah. Penghargaan ini diberikan dengan melihat kinerja pemain dalam jangka waktu tertentu.

Tiga nominator tersebut mengalahkan Cristiano Ronaldo, Kylian Mbappe, dan Karim Benzema.

Baca Juga

''Panel akan memilih pemenang berdasarkan prestasi masing-masing selama periode 8 Oktober 2020 hingga 7 Agustus 2021,” demikian pernyataan FIFA, dilansir dari Sportskeeda, Senin (10/1/2022).

Dalam rentang waktu yang disebutkan, Messi memenangkan Copa del Rey bersama Barcelona. Ia juga membawa timnas Argentina memenangkan Copa America sekaligus trofi pertamanya untuk Argentina. Messi mengemas 43 gol dalam 47 pertandingan untuk klub dan negara.

Sementara Lewandowski memenangkan penghargaan tersebut tahun lalu dan memimpin Muenchen meraih Liga Champions pada 2019 setelahkan mengalahkan PSG di partai final. Lewandowski mencetak 51 gol dalam rentang waktu tersebut atau delapan gol lebih banyak daripada Messi. Adapun Salah tak memenangkan trofi apapun untuk Liverpool meskipun mencetak 23 gol.

Ronaldo yang pernah memenangkan dua penghargaan tersebut, tak masuk ke dalam tiga nominator meskipun menjadi pencetak gol terbanyak bersama Juventus. Pemain asal Portugal tersebut mencetak 41 gol dan enam assist. Ronaldo juga meraih satu emas Serie A Italia dan pencetak gol terbanyak sepanjang masa Piala Eropa.

Pemain 37 tahun tersebut juga mencatatkan prestasi lain sebagai pemain pertama yang mencetak 800 gol untuk klub dan negara. Mantan rekan Ronaldo, Sami Khedira, setuju Messi, Lewandowski, dan Salah masuknominasi tersebut daripada Ronaldo. Khedira percaya tiga pemain tersebut mencatatkan musim yang lebih baik daripada Ronaldo di Juventus.

“Saya adalah teman Cristiano dan saya adalah penggemar beratnya dan dia mungkin akan marah kepada saya setelah apa yang akan saya katakan. Tetapi jika Anda melihat musim lalu, saya pikir Messi, Lewandowski, dan Salah pantas masuk dalam daftar, tidak seperti Cristiano,” kata Khedira menegaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement