Mentan Minta Jangan Ada Lagi Korban Jebakan Tikus di Sragen

Rep: Binti Sholikah/ Red: Yusuf Assidiq

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo.
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. | Foto: Republika/bowo pribadi

REPUBLIKA.CO.ID, SRAGEN - Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo, meminta agar tidak ada lagi korban jiwa karena terkena jebakan tikus beraliran listrik di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Hal itu menanggapi laporan Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, yang mengatakan sudah ada 23 warga Sragen yang menjadi korban jebakan tikus beraliran listrik.

Mentan menyatakan, persoalan pengendalian hama tikus sudah dibicarakan dengan Bupati Sragen. Dari pembicaraan itu diketahui sudah banyak yang terdampak dari jebakan-jebakan tikus tersebut yang mengakibatkan kecelakaan bagi 23 warga.

"Oleh sebab itu, bupati akan keluarkan keputusan bagaimana menyikapi itu. Antara lain, tentu saja jangan melakukan pemasangan jerat-jerat listrik yang tidak melalui pendekatan-pendekatan yang pemerintah daerah sudah persiapkan," jelas Mentan kepada wartawan seusai acara panen kacang di Desa Bendungan, Kecamatan Kedawung, Sragen, Senin (10/1).

Mentan mengaku sudah melakukan komunikasi dengan direktur PLN untuk menjadi back up terkait persoalan pengendalian hama tikus beraliran listrik. Dia mengklaim bakal berada di belakang bupati untuk mempersiapkan solusi dari persoalan itu.

"Intinya jangan ada lagi rakyat menjadi korban gara-gara menghalau hama tikus yang ada. Hama tikus bisa dihalau tapi kita bisa gunakan cara-cara baru yang tidak mengorbankan rakyat," tegasnya.

Salah satu caranya, lanjutnya, dengan membuat aliran listrik dari AC ke DC. Sehingga, tidak akan membunuh manusia, tetapi bisa mematikan tikus. "Ini lagi kita rancang bersama-sama. Kami juga sepakat satu bulan ini sudah selesai," ungkap Mentan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Ilegal, Polda Imbau Petani Hindari Jebakan Tikus Listrik

Kapolri Apresiasi Capaian Pertanian Dibawah Mentan SYL

Resmikan Pabrik Pakan di Sidrap, Mentan SYL Dorong Ekosistem Budi Daya

Mentan Dukung Lampung sebagai Lumbung Ternak Nasional

Mentan SYL Sambangi Food Estate Temanggung

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark