Rabu 12 Jan 2022 10:57 WIB

Jelang Piala Super Spanyol, Kroos Mengaku tak Tonton Pertandingan Barcelona

Real Madrid akan menghadapi Barcelona pada semifinal Piala Super Spanyol di Riyadh.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Gelandang Real Madrid Toni Kroos mengaku tak banyak menonton pertandingan Barcelona.
Foto: EPA/Annegret Hilse
Gelandang Real Madrid Toni Kroos mengaku tak banyak menonton pertandingan Barcelona.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gelandang Real Madrid Toni Kroos menyatakan belum pernah menonton pertandingan Barcelona belakangan ini. Kroos bersama Los Blancos akan menghadapi Barcelona pada semifinal Piala Super Spanyol di Riyadh, Arab Saudi, Kamis (13/1/2022) dini hari WIB. 

Kroos memainkan peran besar saat terakhir kali Madrid memenangkan Piala Super Spanyol pada 2020. Dia menantikan kesempatan untuk mengangkat trofi untuk ketiga kalinya, meskipun tahu itu bukan tugas yang mudah.

Baca Juga

"Saya tidak banyak menonton pertandingan Barcelona akhir-akhir ini, saya punya hal lain yang harus dilakukan dan menonton pertandingan kami," kata Kroos dalam konferensi pers ketika ditanya perbedaan Barcelona di bawah Xavi Hernandez dan pelatih sebelumnya Ronald Koeman, dikutip dari Marca, Rabu (12/1/2022).

"Namun saya mengenal mereka dengan baik, mereka memiliki sejumlah keraguan tetapi secara keseluruhan punya banyak orang berkualitas tinggi. Saya tidak bisa mengatakan apa yang telah berubah di bawah Xavi," kata dia.

Pemain asal Jerman itu juga berbicara tentang gaya bermain yang disukainya. Kroos mengakui menyukai permainan berbasis penguasaan bola, hal yang tak banyak dilakukan pada era pelatih Carlo Ancelotti saat ini.

"Mereka yang mengenal saya dengan baik tahu saya selalu ingin menguasai bola, tetapi kunci tim yang bagus adalah beradaptasi dengan kebutuhan yang berbeda," kata Kroos.

Di bawah Ancelotti, Madrid justru kerap ditekan lawan-lawan sepadan. Namun Los Blancos mampu menahan dan balas melepaskan serangan balik mematikan. Dengan memiliki winger lincah dan gesit, pola Madrid ini dieksekusi dengan baik. Madrid terbukti kokoh di puncak klasemen La Liga Spanyol dan lolos ke 16 besar Liga Champions dengan meyakinkan.

"Jika Anda memiliki kecepatan di atas, Anda harus memanfaatkannya sebaik mungkin. Ini bisa menjadi cara untuk mengontrol, tetapi saya selalu lebih suka menguasai bola. Saya akan senang dengan penguasaan bola 90 persen dan kemenangan 1-0. Anda harus mencari celah, tetapi penguasaan bola saja tidak cukup," ujarnya.

Kroos masuk ke kompetisi dalam kondisi yang baik dan dia yakin Los Blancos telah meningkat seiring musim berjalan, meskipun hasilnya lebih mengesankan pada awal musim. "Pada awal musim kami memenangkan banyak pertandingan tanpa bermain bagus," kata Kroos.

Menurutnya tim saat ini sudah mengalami peningkatan dan melakukannya dengan sangat baik di pertandingan yang sulit. Dia mengakui tidak ada trofi yang bisa didapatkan pada Januari, kecuali Piala Super Spanyol. Sebab itu, ia meminta rekan-rekannya menjaga konsistensi di Liga Spanyol. Sebab jika terpeleset, tim-tim di bawah siap mengejar dan mendepak mereka dari takhta klasemen.

Klasemen La Liga Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement