Kamis 13 Jan 2022 00:03 WIB

Tradisi Barcelona dan Hegemoni Messi di Piala Super Spanyol

Barcelona mengoleksi 13 gelar Piala Super Spanyol, unggul dua dari Real Madrid.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Penyerang Barcelona Lionel Messi pada pertandingan Piala Super Spanyol melawan Real Madrid.
Foto: Juan Medina/Reuters
Penyerang Barcelona Lionel Messi pada pertandingan Piala Super Spanyol melawan Real Madrid.

REPUBLIKA.CO.ID, ARAB SAUDI -- Duel El Clasico antara Real Madrid versus Barcelona tersaji pada partai semifinal Piala Super Spanyol 2021. Madrid dan Barcelona salig jegal di Stadion Internasional King Fahd, Riyadh, Arab Saudi, Kamis (13/1/2022), pukul 02.00 dini hari WIB.

Dalam format baru Piala Super Spanyol, empat tim, yakni Madrid, Barcelona, Atletico Madrid, dan Athletic Bilbao akan saling jegal untuk menjadi yang terbaik dan meraih trofi. Madrid bertemu Barca, sementara Atletico akan beradu kekuatan dengan Athletic. Pemenang akan berlaga di final pada 16 Januari.
 
Athletic merupakan finalis Copa del Rey 2020/2021. Partai ulangan final Piala Raja Spanyol itu bisa saja terjadi apabila Bilbao mampu mengatasi Los Colchoneros dan Barcelona menang atas Madrid.
 
Membahas tentang partai El Clasico, Madrid dan Barca secara tradisi memang paling mendominasi Piala Super Spanyol ketimbang dua kontestan lainnya. Barca terhitung lebih superior setelah mengoleksi 13 gelar di atas Madrid yang memiliki 11 trofi.
 
Athletic Bilbao dan Deportivo adalah tim paling sukses berikutnya dengan masing-masing tiga gelar, diikuti oleh Atletico Madrid dua gelar, Valencia, Sevilla, Real Zaragoza, Real Mallorca serta Real Sociedad yang masing-masing mengemas satu trofi.
 
Sebagaimana diketahui hegemoni Barca dalam satu dekade terakhir tak terlepas dari peran Lionel Messi. La Pulga, julukan Messi sukses mempersembahkan delapan gelar Piala Super Spanyol dengan catatan empat kali runner-up.
 
Selain itu pesepak bola berdarah Argentina juga merupakan pencetak gol terbanyak dalam sejarah berlangsungnya Piala Super Spanyol.
 
Dilansir Marca, Rabu (12/1/2022), Messi total mencetak 14 gol dalam 20 penampilan Piala Super Spanyol, termasuk di tujuh final dan delapan edisi turnamen tersebut.
 

Klasemen La Liga Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement