Kamis 13 Jan 2022 21:03 WIB

Pupuk Indonesia Bakal Uji Coba Distribusi Pupuk Subsidi dengan Kereta Api

Pemanfaatan jalur kereta adalah opsi supaya tidak hanya bergantung pada jalan raya.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Nidia Zuraya
Direktur Pemasaran Pupuk Indonesia Gusrizal meninjau ketersediaan pupuk di Gudang Distributor Pupuk Indonesia, Sragen, Jawa Tengah, Kamis (4/11).
Foto: Republika/Muhammad Nursyamsi
Direktur Pemasaran Pupuk Indonesia Gusrizal meninjau ketersediaan pupuk di Gudang Distributor Pupuk Indonesia, Sragen, Jawa Tengah, Kamis (4/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pupuk Indonesia (Persero) atau PI akan melakukan uji coba pengiriman pupuk subsidi menggunakan jalur kereta api. Direktur Pemasaran Pupuk Indonesia, Gusrizal mengatakan upaya ini menjadi salah satu opsi moda transportasi untuk memastikan kelancaran dan ketersediaan stok pupuk subsidi di daerah. 

Hal tersebut disampaikan Gusrizal, saat mengunjungi gudang pupuk di Magelang, Jawa Tengah, Kamis (13/1). Dalam rangka kesiapan pendistribusian pupuk subsidi melalui jalur kereta api ini, sebelumnya Gusrizal juga mengunjungi gudang-gudang di Kabupaten Sragen, Karanganyar, dan Klaten.

Baca Juga

Dalam kunjungannya di gudang pupuk Magelang, Gusrizal menyampaikan saat ini proses produksi pupuk berjalan dengan sangat baik. Oleh karena itu, Pupuk Indonesia perlu memastikan untuk pendistribusian pupuk harus berjalan dengan baik juga. 

"Jadi rencana pemanfaatan jalur kereta api ini adalah opsi supaya kita tidak hanya bergantung pada jalan raya saja. Selain tidak terkena macet, dengan alternatif ini kita juga bisa mengangkut pupuk dengan lebih banyak," ujar Gusrizal dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (13/1/2022).

Gusrizal menyebut pengangkutan pupuk subsidi melalui jalur kereta api menjadi semakin tepat mengingat sejumlah gudang pupuk di Jawa Tengah, terutama yang dikelola oleh PT Pupuk Sriwidjadja Palembang, memiliki lokasi yang berdekatan bahkan dilewati oleh jalur kereta api sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bentuk diversifikasi moda transportasi pupuk subsidi. 

"Gudang pupuk di Jawa Tengah yang dilewati oleh jalur kereta api adalah gudang pupuk di Kabupaten Cilacap, Kebumen, Sleman, hingga Klaten. Wilayah-wilayah ini juga merupakan sentra pertanian dengan alokasi pupuk subsidi yang cukup besar," ungkap Gusrizal.

Gusrizal menyampaikan pemanfaatan jalur kereta api yang dikelola PT Kereta Api Indonesia (KAI) merupakan bentuk sinergi sesama perusahaan BUMN. Selain sinergi, lanjut Gusrizal, upaya ini juga merupakan bentuk komitmen Pupuk Indonesia dalam penyediaan pupuk subsidi sesuai prinsip enam tepat yakni tepat waktu, tepat tempat, tepat jumlah, tepat mutu, tepat harga, dan tepat jenis. 

Gusrizal berharap opsi angkutan kereta api ini dapat menjadi salah satu langkah yang cukup baik untuk memitigasi kendala teknis dalam penyaluran pupuk bersubsidi di lapangan, seperti kendala kemacetan di jalan raya, perbaikan jalan dan jembatan, hingga keterbatasan armada dari transportir. 

"Dengan demikian pendistribusian kita bisa menjadi lebih kuat. Karena selain jalur jalan raya dan kapal laut, kini juga menggunakan jalur kereta api," kata Gusrizal menambahkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement