Kamis 13 Jan 2022 22:44 WIB

Hasil Liga 1: Bali United Menang Tipis Atas Persib Bandung

Bali United mengalahkan Persib 1-0 lewat gol Stefano Lilipaly.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Israr Itah
Pesepak bola Bali United Stefano Lilipaly (kanan) melakukan selebrasi bersama rekannya usai mencetak gol ke gawang Persib Bandung saat pertandingan Liga 1 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Kamis (13/1/2022).
Foto: Antara/Fikri Yusuf
Pesepak bola Bali United Stefano Lilipaly (kanan) melakukan selebrasi bersama rekannya usai mencetak gol ke gawang Persib Bandung saat pertandingan Liga 1 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Kamis (13/1/2022).

BANDUNG -- Bali United keluar sebagai pemenang dalam bigmatch pekan ke-19 Liga 1 2021/2022 kontra Persib Bandung. Sundulan Stefano Lilipaly memastikan kemenangan Bali United pada laga di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Kamis (13/1/2022) malam. 

Kemenangan ini membuat Bali United menempel tim-tim di atasnya dengan selisih tipis. Serdadu Tridatu mengoleksi nilai 35, tertinggal lima poin dari Arema FC di puncak. Sementara Persib berada di posisi dua dengan nilai 37.

Baca Juga

Namun posisi Persib bisa tergusur oleh Bhayangkara FC dan Persebaya. Bhayangkara FC di posisi tiga juga mengoleksi nilai 37, tapi baru melakoni 18 pertandingan. Adapun Persebaya di peringkat empat mengoleksi nilai 36, juga baru menjalani 18 laga.

Pelatih Persib Robert Rene Alberts terpaksa merombak tim setelah tiga pemainnya absen karena akumulasi kartu. Hasilnya, Dedi Kusnandar, Victor Igbonefo dan Zalando diturunkan sejak menit pertama. 

Sementara itu pelatih Bali United, Stefano 'Teco' Cugurra masih absen karena menjalani kursus lisensi kepelatihannya. Nama pemain timnas, Irfan Jaya dan Nadeo Argawinata tidak masuk dalam daftar susunan pemain.  

Persib mendominasi pertandingan dari peluang Mohammed Rashid pada menit pertama. Bali United melakukan serangan balik meski sundulan Willian Pacheco masih melambung.

Menit ke-12, tendangan keras Lilipaly masih bisa diantisipasi oleh Teja Paku Alam. Persib pun membalas serangan lawan meski tendangan Beckham Putra masih mengenai mistar gawang Bali United.

Persib kini harus lebih banyak menahan serangan Bali United. Hasilnya, sundulan Lilipaly dari umpan Ricky Fajrin dari sisi kanan pertahanan Persib berhasil membuka skor pada menit ke-38. Lilipaly menyambut bola tanpa kawalan karena para bek Persib tak beraksi meskipun tak berada jauh dari bola. Skor 1-0 untuk keunggulan Bali United.

Unggul satu gol ternyata tidak menyurutkan motivasi Bali United untuk menyerang. Namun upaya mereka tak menambah gol hingga waktu tambahan satu menit berakhir. Skor 1-0 menutup babak pertama untuk Serdadu Tridatu.

Babak kedua Persib tampil agresif untuk mengejar ketertinggalannya. Menit ke-50, David kembali membuang peluang dari tendangan bebas. Dua peluang beruntun Maung Bandung pun berhasil dipatahkan oleh kiper Wawan Hendrawan. 

Persib tak menyerah untuk melakukan tekanan di kotak penalti Bali United. Menit ke-75, Lilipaly kembali mencoba peruntungan meski peluangnya belum menjebol gawang Teja.

Menit ke-84, Persib kembali mendapatkan peluang beruntun di lini pertahanan Bali United. Sayangnya tidak ada peluang yang berhasil menjadi gol. Termasuk upaya dari jarak dekat oleh Ezra Walian yang masih mengenai tangan Wawan dan bolanya menyamping di gawang Bali United.

Secara keseluruhan, Bali United bermain lebih rapi dan tenang hingga tak kebobolan saat tambahan waktu tiga menit dari wasit berakhir. 

Daftar Susunan Pemain:

Persib Bandung: Teja Paku Alam; Henhen Herdiana, Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Zalnando (Bayu Fiqri 72'); Beckham Putra Nugraha (Erwin Ramdani 81'), Dedi Kusnandar, Mohammed Rashid, Febri Hariyadi (Ezra Walian 46'); Bruno Cantanhede, dan David Da Silva.

Pelatih: Robert Aberts 

Bali United: Wawan Hendrawan; Andhika Wijaya (Eky Taufik 79'), Leonard Tupamahu, Ricky Fajrin, Willian Pacheco; Brwa Nouri, Eber Bessa (Ahmad Agung 91'), Fadil Sausu (Rizky Pellu 73'); Ilija Spasojevic (Lerby Eliandry 79'), Prival Mbarga (Yabes Roni 91'), dan Stefano Lilipaly.

Pelatih: Stefano Cugurra

 

 

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement