Jumat 14 Jan 2022 07:00 WIB

Perhatikan Perubahan di Kaki, Bisa Jadi Itu Tanda Kolesterol Tinggi

Kondisi kaki dapat memberi petunjuk tingginya kadar kolesterol.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Beberapa perubahan pada kulit di tungkai kaki, pergelangan kaki, dan telapak kaki dapat menjadi pertanda tingginya kadar kolesterol (Ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Beberapa perubahan pada kulit di tungkai kaki, pergelangan kaki, dan telapak kaki dapat menjadi pertanda tingginya kadar kolesterol (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kadar kolesterol yang tinggi sering kali tidak disadari oleh penderitanya. Salah satu cara untuk menemukan masalah kolesterol ini lebih dini adalah dengan melihat tanda-tandanya di area kaki.

Perlu dipahami bahwa kolesterol dialirkan dalam darah oleh dua jenis lipoprotein yang berbeda, yaitu low density lipoprotein (LDL) dan high density lipoprotein (HDL). HDL kerap disebut sebagai kolesterol baik, sedangkan LDL dijuluki sebagai kolesterol jahat.

Baca Juga

Kolesterol LDL dikenal sebagai kolesterol jahat karena dapat memicu penumpukan plak di arteri. Akibatnya, rongga arteri untuk aliran darah menjadi lebih sempit.

Salah satu dampak dari kondisi ini adalah penyakit arteri perifer atau peripheral arterial disease (PAD). Saat PAD terjadi, ada beberapa tanda yang bisa dikenali pada kulit, sebagian di antaranya adalah kulit menjadi kering dan gatal.

"Orang dengan PAD dapat mengalami satu atau beberapa perubahan pada kulit di tungkai kaki, pergelangan kaki, dan telapak kaki," jelas Midwest Institute for Non Surgical Therapy, seperti dilansir Express, Jumat (14/1/2022).

Perubahan kulit di area kaki ini umumnya bersifat ringan pada awal terjadinya PAD. Selain kering dan gatal, perubahan lain yang dapat diwaspadai adalah rasa dingin ketika kulit di area kaki disentuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement