Ahad 16 Jan 2022 04:03 WIB

Ajang Balapan Jalanan Digelar di Ancol Hari Ini

Polda Metro kerahkan ratusan personel amankan balap jalanan di Ancol.

Red: Ratna Puspita
Peserta memacu sepeda motornya dalam ajang Street Race Polda Metro Jaya di Ancol, Jakarta, Ahad (16/1/2022). Ajang lomba balap sepeda motor jalanan legal tersebut diprakarsai oleh Polda Metro Jaya guna memfasilitasi minat bakat warga dalam ajang balap motor sekaligus mengantisipasi balapan liar.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Peserta memacu sepeda motornya dalam ajang Street Race Polda Metro Jaya di Ancol, Jakarta, Ahad (16/1/2022). Ajang lomba balap sepeda motor jalanan legal tersebut diprakarsai oleh Polda Metro Jaya guna memfasilitasi minat bakat warga dalam ajang balap motor sekaligus mengantisipasi balapan liar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ajang balap jalanan digelar di Jalan Kali Inspeksi di Ancol Jakarta Utara, Ahad (16/1) hari ini. Polda Metro Jaya mengerahkan sekitar 500 personel untuk mengamankan ajang tersebut.

"Personel cukup banyak, ada sekitar 500-an. Ada kompi dari Brimob, dari Sabhara dan sebagainya," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Jakarta, Sabtu (15/1).

Baca Juga

Menurut Sambodo, personel polisi juga akan melakukan pengecekan terhadap para penonton yang akan memasuki arena balap guna mengantisipasi adanya penonton yang membawa barang dan benda tajam. Para penonton juga akan menjalani pemeriksaan kesehatan oleh petugas dengan menunjukkan status kesehatan pada aplikasi PeduliLindungi.

"Ada pengecekan kesehatan. Penonton masuk Ancol dulu. Jadi ada pengecekan melalui aplikasi PeduliLindungi. Ada pengecekan juga dari pengurusnya," ujar dia.

Ada sekitar 350 pembalap akan mengikuti latihan balap jalanan bersama komunitas "street race" di Ancol. Sambodo, yang dibagi ke dalam beberapa kelas. "Ada kelas matik 4 tak, sport 2 tak, kelas sunmori, bebek 2 tak, bebek 4 tak, kelas FFA, sport 4 tak, bahkan kelas vespa ada," kata dia.

Para pembalap akan berlomba di kelasnya masing-masing dengan tajuk latihan bersama antarsesama komunitas, sehingga tidak ada juaranya. "Kami tidak menyiapkan juaranya dan tidak ada hadiahnya, karena ini adalah ajang latihan bersama," katanya.

Menurut Sambodo, ini ajang bagi semua komunitas yang menyenangi balapan untuk menyalurkan hobinya. Menurut Sambodo, persiapan sudah 90 persen,tinggal penyelesaian pemasangan penutup pagar untuk area penonton, pemasangan tenda untuk area VIP, dan sebagainya.

Sedangkan lintasan, kata dia, sudah siap pengerjaannya. Titik aspal yang rawan bergelombang (bumpy) sudah ditambal. Sejumlah ranting pohon yang diperkirakan akan mengganggu pandangan pembalap juga sudah dipotong. 

Sambodo telah menguji coba trek balapan lurus atau "drag race" di Jalan Inspeksi Kali Ancol menggunakan sepeda motor 2-tak dengan kubikasi 150cc. Uji coba trek balapan sebagai bagian dari acara gladi resik ajang balap jalanan.

"Saya teringat waktu saya SMA dulu. Alhamdulillah saya sudah coba, lintasannya cukup aman. Kemudian besok kita semua berdoa, mudah-mudahan tidak terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan," kata Sambodo.

 

Polda Metro Jaya dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) sepakat untuk menyelenggarakan balap jalanan di Ancol untuk memfasilitasi para pemilik hobi balap agar tidak terlibat balap liar. "Kami sepakat Ancol menjadi salah satu pilihan atau akan dijadikan tempat untuk menampung para anak anak muda kita menyalurkan hobi balapnya dan akan dimulai per tanggal 15 Januari 2021," kata Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement