Senin 17 Jan 2022 07:03 WIB

Keutamaan Sholat Dhuha yang Disebutkan Nabi Muhammad

Nabi Muhammad menyebutkan sejumlah keutamaan sholat dhuha.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Keutamaan Sholat Dhuha yang Disebutkan Nabi Muhammad. Foto:  Nabi Muhammad (ilustrasi)
Foto: Republika
Keutamaan Sholat Dhuha yang Disebutkan Nabi Muhammad. Foto: Nabi Muhammad (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ibadah yang bisa dilakukan umat Islam di waktu pagi hingga menjelang sholat zhuhur adalah sholat dhuha. Ibadah ini adalah salah satu ibadah sunnah yang diajarkan Nabi Muhammad SAW. Ibadah sunnah ini punya keutamaannya  tersendiri sebagaimana dijelaskan dalam sejumlah hadits.

 

Baca Juga

 

 

Diantaranya, sholat dhuha mempunyai pahala sebagaimana orang yang bersedekah. Bahkan Allah akan membukakan pintu rezeki sehingga tercukupinya segala kebutuhan orang yang melaksanakan sholat dhuha.

Ini sebagaimana keterangan hadits yang diriwayatkan Imam Tirmidzi yang menjelaskan. Allah berfirman: "Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan empat raka'at sholat di awal siang (di waktu Dhuha). Maka itu akan mencukupimu di akhir siang,” (HR. Tirmidzi).

Dalam redaksi hadits yang diriwayatkan At Thabrani juga dijelaskan Allah membukakan pintu khusus di surga bagi orang-orang yang istiqamah melaksanakan sholat dhuha. Pintu itu diberi nama pintu dhuha.

Sementara pada hadits riwayat Tirmidzi dapat ditemukan penjelasan bahwa orang yang sholat dhuha akan diampuni dosa-dosanya. Dalam hadits riwayat At Thabrani juga dijelaskan orang yang sholat dhuha terhindar dari lalai dan dicatat sebagai ahli ibadah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement