Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Luita Yusniawati

PPSDM Migas Gelar Pelatihan OPA Free, Sasar Masyarakat di Sekitar Industri Migas

Info Terkini | Monday, 17 Jan 2022, 11:05 WIB

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sumber daya manusia khususnya bidang minyak dan gas bumi untuk masyarakat, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) membuat program pelatihan dan sertifikasi kompetensi untuk pengembangan Sumber Daya Manusia bagi masyarakat tanpa dipungut biaya sama sekali.

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral (BPSDM ESDM) melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) selalu berusaha untuk berperan aktif dalam meningkatkan kompetensi anak2 bangsa. Karena, salah satu langkah penting yang dapat memastikan kompetensi seseorang yaitu melalui pelatihan-pelatihan khusus dan kepemilikan sertifikasi profesi.

Karena hal inilah yang mendukung PPSDM Migas mengadakan pelatihan Operasi Pesawat Angkat Juru Ikat Beban (OPA JIB) selama 15 hari yang dimulai dari hari Senin (10/01/22) di PPSDM Migas. Sudarto, pemimpin pelatihan ini menyebutkan bahwa setelah 15 hari pelatihan, mereka akan mengikuti sertifikasi pada tanggal 31 Januari sampai dengan 03 Februari 2022 dengan 20 orang peserta.

“Setelah pelatihan ini peserta diharapkan dapat memahami tentang teori praktis tentang juru ikat beban pada kegiatan operator pesawat angkat di kegiatan industri migas sesuai dengan standar operating procedure dan dalam rangka memenuhi kompetensi kerja sebagai juru ikat beban di kegiatan operator pesawat angkat. Sehingga setelah itu mereka dapat mengikuti sertifikasi OPA unit JIB atau signalman di LSP PPSDM Migas,” jelasnya.

Sebagai informasi Pelatihan Operator Pesawat Angkat Unit Rigger direncanakan sebanyak 120 jam pelajaran, terdiri dari 30 jam teori dan 90 jam praktik dengan Tenaga pengajar berasal dari pejabat fungsional widyaiswara, fungsional instruktur dan fungsional umum Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image