Senin 17 Jan 2022 18:42 WIB

Inggris Mulai Berikan Booster Remaja 16-17 Tahun

'Booster' kini diberikan bagi seluruh remaja 16-17 tahun.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
'Booster' kini diberikan bagi seluruh remaja 16-17 tahun.
Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
'Booster' kini diberikan bagi seluruh remaja 16-17 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anak-anak berusia 16 dan 17 tahun di Inggris mulai bisa menerima vaksin booster Covid mulai Senin (17/1/2022), dilansir dari mirror.co.uk. Ada sekitar 40 ribu remaja yang telah memenuhi syarat untuk dosis ketiga, data ini didapat ketika layanan pemesanan nasional dibuka pada awal pekan lalu dalam fase terakhir program vaksin.

Sebelumnya, booster hanya direkomendasikan untuk anak berusia 16 dan 17 tahun yang rentan secara klinis dan paling berisiko terinfeksi Covid-19. Tetapi data terbaru dari UKHSA menunjukkan dua dosis vaksin tidak cukup untuk menghentikan orang Omicron. Booster secara signifikan meningkatkan perlindungan terhadap varian itu. 

Baca Juga

“Program vaksinasi NHS Covid-19 hadir untuk menawarkan kesempatan kepada kaum muda berusia 16 dan 17 tahun yang memenuhi syarat untuk mendaftar vaksin booster secara online,” ungkap, wakil pimpinan program vaksinasi NHS, Dr Nikki Kanani.

Selain mendaftar secara online, datang mendaftar secara langsung juga tersedia di seluruh Inggris. Sebab, upaya vaksin terbesar dan tercepat dalam sejarah layanan kesehatan masih terus berlanjut.

“Covid telah menyebabkan begitu banyak gangguan bagi begitu banyak keluarga selama dua tahun terakhir, mempengaruhi kehidupan dan pendidikan anak muda, dan segera melakukan vaksinasi adalah upaya untuk melindungi mereka, keluarga dan teman-teman mereka, membiarkan mereka tetap bersekolah dan terus bersosialisasi,” ungkap dia lebih lanjut.

Lebih dari 600 ribu dalam kelompok usia ini di Inggris telah mendapatkan vaksin dosis kedua, dan akan bisa ditingkatkan dalam beberapa pekan mendatang saat mereka mencapai tiga bulan setelah dosis kedua. Sejak program vaksinasi diluncurkan untuk kelompok usia ini pada Agustus, lebih dari 889.700 remaja di Inggris telah mendapatkan dosis pertama mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement