Selasa 18 Jan 2022 16:37 WIB

Ular Sanca Sepanjang Dua Meter Ditemukan di Saringan Kali Item Kemayoran

Ular sanca sepanjang dua meter ditemukan di saringan sampah Gedung Pompa Kali Item

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Ular sanca sepanjang dua meter ditemukan di saringan sampah Gedung Pompa Kali Item. Ilustrasi.
Foto: Antara/Asep Fathulrahman
Ular sanca sepanjang dua meter ditemukan di saringan sampah Gedung Pompa Kali Item. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Petugas Unit Pelaksana Kebersihan (UPK) Badan Air Jakarta Pusat menyelamatkan ular sanca sepanjang dua meter lebih di saringan sampah otomatis Gedung Pompa Kali Item Kemayoran, Serdang, Jakarta Pusat. Kepala Satuan Pelaksana UPK Badan Air Jakarta Pusat, Fakhri Andhiko, mengatakan ular sanca kembang tersebut terbawa hingga ke mesin saringan saat debit air di aliran Kali Sunter tinggi.

"Ketika air tinggi, dia terbawa sampai ke mesin saringan kita. Mungkin dari pinggir sungai asalnya, terbawa air, kemudian terangkat tadi di saringan kita. Untung tidak sampai ke perumahan warga," kata Fakhri saat dikonfirmasi Antara di Jakarta, Selasa (18/1/2022).

Baca Juga

Fakhri menjelaskan ular sanca tersebut telah diambil oleh warga di Kelurahan Serdang  yang berniat memelihara. Selain ular sanca, petugas juga menemukan biawak dan ikan louhan di mesin saringan sampah otomatis.

Hingga kini petugas UPK Badan Air terus melakukan pengangkatan sampah di aliran sungai untuk meminimalisir penyumbatan. "Sampah kita antisipasi terus, kita hilangkan di titik-titik rawan penyumbatan, seperti di Kelurahan Serdang. Masih minimal jumlah sampahnya," ujar Fakhri.

Selain melakukan pengangkatan sampah di permukiman warga, petugas juga turut menyosialisasikan kepada warga untuk waspada terhadap aliran listrik yang masih aktif. Hujan deras mengguyur Jakarta sejak pukul 10.00 WIB. Akibat intensitas hujan sedang-lebat selama lebih dari tiga jam tersebut, sejumlah ruas jalan dan permukiman warga tergenang banjir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement