Selasa 18 Jan 2022 17:40 WIB

Ini Risiko Beli Pil Covid-19 Molnupiravir Secara Ilegal

Regulator mengingatkan risiko kesehatan serius ketika membeli produk secara ilegal.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Ini risiko jika Anda membeli pil Covid-19 molnupiravir secara ilegal (ilustrasi).
Foto: EPA
Ini risiko jika Anda membeli pil Covid-19 molnupiravir secara ilegal (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat (AS) memperingatkan masyarakat agar tidak membeli pil Covid-19 molnupiravir dari penjual gelap. Regulator memperingatkan risiko kesehatan yang serius ketika membeli produk dari sumber yang tidak sah. 

Molnupiravir belum disetujui untuk dijual secara komersial. Pada pekan lalu, FDA mengeluarkan peringatan kesehatan masyarakat terhadap penjualan obat eksperimental yang diproduksi Merck yang sekarang meluas.

Baca Juga

“Permintaan yang tiba-tiba ini telah menarik individu atau organisasi yang tidak bermoral untuk mendistribusikan dan menjual produk obat ini di pasar dengan harga yang jauh lebih tinggi bahkan tanpa izin yang diperlukan dari kantor ini,” jelas badan tersebut seperti dilansir di laman Inquirer, Selasa (18/1/2022).

Dia mengatakan, membeli obat-obatan di tempat-tempat yang tidak berlisensi atau melalui internet dapat menimbulkan risiko kesehatan yang serius. Menurut FDA, obat yang dibeli di tempat yang tidak berlisensi atau daring tidak dapat dijamin asli dan mungkin tidak mengandung bahan aktif, terlalu banyak atau terlalu sedikit bahan aktif yang dapat mengakibatkan kondisi atau penyakit tidak ditangani dengan benar.

“Obat ini mungkin juga tidak disimpan dengan benar sesuai dengan kondisi penyimpanannya yang sesuai,” ujarnya.

Molnupiravir tersedia sebagai obat investigasi untuk pengobatan Covid-19 melalui izin khusus (CSP) yang diberikan oleh FDA. Menurut badan tersebut, CSP dikeluarkan untuk memilih dokter dan rumah sakit untuk penggunaan obat yang tidak terdaftar, sementara otorisasi penggunaan darurat (EUA) memungkinkan penggunaan yang lebih luas dari obat dan vaksin yang tidak terdaftar dalam keadaan darurat kesehatan masyarakat.

Obat ini disediakan oleh produsen atau importir berlisensi FDA. Pada 22 Desember, FDA memberikan EUA untuk Molnarz, merek molnupiravir yang dibuat oleh Aurobindo Pharma, salah satu produsen kapsul 200 mg India. Namun, EUA bukanlah izin edar sehingga obat tersebut seperti semua vaksin Covid-19 yang juga diberikan EUA, masih tidak dapat dijual secara komersial.

FDA mengingatkan profesional medis dan masyarakat bahwa EUA untuk molnupiravir bukanlah otorisasi untuk memasarkan obat secara komersial. Pengadaan dan distribusinya harus mengikuti pedoman yang dikeluarkan oleh Departemen Kesehatan (DOH).

“Profesional perawatan kesehatan, pasien, dan konsumen sangat disarankan untuk mengakses molnupiravir hanya melalui (DOH) sebagai penyedia nasional untuk produk obat di bawah EUA atau (melalui) rumah sakit/lembaga yang diberikan CSP,” kata FDA.

Sebuah pembuat obat lokal pekan lalu mengatakan, dapat menghasilkan volume besar molnupiravir segera setelah mendapat persetujuan yang diperlukan dari FDA.

Molnupiravir yang dikembangkan oleh produsen obat AS Merck & Co Inc. dianggap sebagai pil antivirus oral pertama untuk kasus Covid-19 ringan dan sedang. Merck menandatangani perjanjian lisensi sukarela dengan delapan produsen India untuk menghasilkan versi generik obat dengan biaya yang jauh lebih rendah agar dapat diakses oleh negara-negara miskin.

Pengobatan molnupiravir lima hari dilaporkan menghabiskan biaya sekitar 700 dolar di Amerika Serikat. Obat antivirus memperkenalkan kesalahan penyalinan ke dalam kode genetik virus selama replikasi RNA (asam ribonukleat), membuat virus tidak berbahaya. Ini mencegah pertumbuhan mematikan dan penyebaran Covid-19 di dalam tubuh.

Pil terobosan hanya dapat diberikan kepada orang dewasa berusia 18 tahun ke atas yang positif Covid-19 dan dengan faktor risiko mengembangkan penyakit parah, seperti warga lanjut usia dan mereka yang memiliki penyakit penyerta. Pil itu tidak dapat diberikan kepada mereka yang memiliki gejala parah atau mereka yang memiliki kadar oksigen rendah, serta wanita hamil dan menyusui. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement