Selasa 18 Jan 2022 20:43 WIB

Bulog Sumut Beli 39 Ton Beras Petani

Bulog Sumut terus berupaya meningkatkan pembelian meski hasil panen belum banyak.

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi
Sejumlah pekerja menumpuk karung berisi beras di Gudang Bulog (ilustrasi). Perum Bulog Sumatra Utara (Sumut) hingga pekan ini sudah membeli 39 ton .
Foto: Asep Fathulrahman/Anbtara
Sejumlah pekerja menumpuk karung berisi beras di Gudang Bulog (ilustrasi). Perum Bulog Sumatra Utara (Sumut) hingga pekan ini sudah membeli 39 ton .

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Perum Bulog Sumatra Utara (Sumut) hingga pekan ini sudah membeli 39 ton beras petani dari total target yang diberikan pusat sepanjang 2022 sebanyak 27.000 ton.

"Alhamdulillah sudah ada pembelian sebanyak 39 ton. Bulog Sumut terus berupaya meningkatkan pembelian meski hasil panen belum banyak," ujar Pemimpin Perum Bulog Sumut, Arif Mandu di Medan, Sumatra Utara, awal pekan ini.

Baca Juga

Menurut dia, masa puncak panen padi di Sumut terjadi pada bulanMaret 2022. Meski panen belum banyak, tetapi produksi padi di sejumlah daerah sentra produksi Sumut seperti Deliserdang tetap ada sehingga menjadi lokasi pilihan Bulog Sumut untuk melakukan pembelian padi atau beras. Pembelian/pengadaan beras petani untuk meningkatkan stok di gudang Bulog dan berguna untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Bulog Sumut pada tahun ini diperintahkan pusat untuk mencapai target pembelian beras sebanyak 27.000 ton. Jumlah target itu sama dengan target 2021, meski pada tahun lalu realisasi pengadaan Bulog Sumut masih belum tercapai atau hanya sebanyak 22.579 ton.

Meski belum mencapai target, tetapi jumlah pengadaan beras sepanjang 2021 tercatat paling tinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Ada beberapa faktor penyebab belum terealisasinya target pengadaan beras petani itu.

Mulai lebih cenderung mahalnya harga beras petani dari harga yang ditetapkan pemerintah dan permintaan ke petani yang cukup banyak. "Walau pembelian belum banyak, stok masih aman sehingga harga bahan pangan utama itu masih stabil di pasar," kata Arif.

Sok beras Cadangan Beras Pemerintah (CBP) di gudang BulogSumut ada 5.777 ton dan beras komersil 1.118 ton.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement