Kamis 20 Jan 2022 08:23 WIB

Tafsir Surat Yunus Ayat 9: Eratnya Hubungan Amal Sholeh dan Iman

Amal sholeh yang dikerjakan oleh seorang Muslim adalah manifestasi dari imannya.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Berdoa kepada Allah SWT (ilustrasi). Tafsir Surat Yunus Ayat 9: Eratnya Hubungan Amal Sholeh dan Iman
Foto: Niranjan Shrestha/AP
Berdoa kepada Allah SWT (ilustrasi). Tafsir Surat Yunus Ayat 9: Eratnya Hubungan Amal Sholeh dan Iman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alquran menerangkan bahwa iman dan amal sholeh saling berkaitan dan sangat erat hubungannya. Artinya amal sholeh yang dikerjakan oleh seorang Muslim adalah manifestasi dari imannya. Hal ini dijelaskan dalam Surat Yunus Ayat 9 dan tafsirnya.

اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ يَهْدِيْهِمْ رَبُّهُمْ بِاِيْمَانِهِمْۚ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهِمُ الْاَنْهٰرُ فِيْ جَنّٰتِ النَّعِيْمِ

Baca Juga

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, niscaya diberi petunjuk oleh Tuhan karena keimanannya. Mereka di dalam surga yang penuh kenikmatan, mengalir di bawahnya sungai-sungai. (QS Yunus: 9)

Menurut Tafsir Kementerian Agama, pada ayat ini Allah menerangkan balasan dan pahala yang baik yang diterima orang-orang yang beriman dan beramal sholeh di akhirat nanti, yaitu mereka diberi tempat yang mulia berupa surga yang penuh kenikmatan.

Iman dan amal sholeh merupakan dua hal yang sangat erat hubungannya, satu dengan yang lain berjalin dan bersangkut paut. Sangat banyak ayat Alquran yang menerangkan keeratan hubungan itu.

Iman berupa keyakinan dan kepercayaan kepada adanya Tuhan Yang Maha Esa, Pencipta dan Pemilik semesta alam, Maha Pengasih, Maha Penyayang kepada hamba-Nya. Karena sifat Maha Pengasih dan Maha Penyayang yang ada pada-Nya itu. Dia menganugerahkan hidayat dan petunjuk bagi manusia, agar mereka dengan petunjuk itu berbahagia hidup di dunia dan di akhirat.

Petunjuk ini diakui oleh orang yang beriman sebagai petunjuk dari Allah, yang perwujudannya adalah sebagaimana yang disebutkan dan yang dikemukakan contoh-contohnya di dalam Alquran dan hadits-hadits Nabi Muhammad SAW. Jadi amal sholeh yang dikerjakan oleh seorang Muslim adalah manifestasi dari imannya, atau dengan perkataan lain bahwa seseorang yang telah mengaku beriman tentulah ia suka mengerjakan amal sholeh. Mustahil seseorang yang beriman tidak mengerjakannya.

Iman dan amal sholeh ini menjadi sebab manusia hidup berbahagia di dunia, dan diberi balasan oleh Allah berupa surga di akhirat. Dengan demikian, mereka telah sampai ke tingkat kehidupan rohani yang paling tinggi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement