Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mikayla Hilmansyah

Selamat! Pemilik KTP Ini Dapat Bansos Rp 2,4 Juta

Info Terkini | Thursday, 20 Jan 2022, 06:20 WIB

Aman! Pemegang KTP ini mendapatkan bantuan sembako sebesar Rp 2,4 juta per tahun. Cari tahu cara melihat daftar penerima bantuan pangan non tunai (BPNT) Januari 2022 secara online pada tautan di sini.

Dari Januari hingga Desember, bantuan sosial sembako sebesar Rp 2,4 juta disalurkan setiap bulan melalui Bank Himbara (termasuk BNI, BRI, Mandiri dan BTN) dan agen-agen yang ditunjuk.

Indeks bantuan ditentukan oleh setiap rumah tangga penerima manfaat (KPM) sebesar Rp 200.000/bulan/KPM.

Bantuan yang diterima kemudian digunakan untuk membeli makanan di pedagang makanan atau e-waroong yang bermitra dengan bank.

Sebagai informasi tambahan, selain bantuan sembako sebesar Rp2,4 juta atau BPNT yang akan disalurkan mulai Januari 2022, pemerintah akan terus memberikan bantuan lainnya seperti:

1. Kartu Prakerja untuk 2,9 juta pemegang KTP

2. Pemberian bantuan sembako kepada 18,8 juta pemilik KTP

3. BLT Desa

Pemerintah memastikan akan terus memberikan Program Bantuan Pangan Pokok atau BPNT kepada 18,8 juta pemegang KTP di seluruh Indonesia pada 2022.

Tahun lalu, setiap Rumah Tangga Penerima Manfaat (KPM) menerima uang tunai senilai Rp 200.000 per bulan atau sekitar Rp 2,4 juta per tahun.

Namun, dalam tiga bulan terakhir tahun lalu, bantuan kepada pemegang KTP yang terdaftar di Data Komprehensif Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial atau DTKS Kementerian Sosial meningkat menjadi Rp 300.000 per tahun.

Data ini dapat dicek secara online melalui link Cekbansos.Kemensos.go.id cukup dengan memasukkan nama dan alamat KTP.

Pemegang KTP yang namanya terdaftar di tautan berhak atas bantuan sembako sebesar Rp 2,4 juta per tahun.

Berikut cara mengecek apakah pemegang KTP terdaftar sebagai penerima Bantuan Sembako atau BPNT senilai Rp 2,4 juta yang telah dicairkan sejak Januari 2022:

1. Buka browser seluler

2. Masukkan URL Cekbansos.kemensos.go.id

3. Masukkan alamat sesuai KTP, antara lain:

- Provinsi

- Kabupaten/Kota

- daerah

- Desa

4. Masukkan nama lengkap sesuai KTP

5. Masukkan kode verifikasi

6. Klik Cari Data

7. Setelah itu akan muncul bantuan sosial sembako Rs 2,4 lakh atau nama penerima BPNT Januari 2022

Proses pengecekan juga dapat dilakukan melalui aplikasi Pengecekan Bantuan Sosial yang dapat diunduh melalui Google Play Store.

Aplikasi Cek Bantuan Sosial juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti:

- Lihat penerima bantuan lain dari Kementerian Sosial, termasuk PBI

- Periksa online untuk daftar orang yang bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah

- Daftarkan diri Anda dan menjadi miskin

- Sengketa orang-orang yang layak yang seharusnya tidak menerima bantuan seperti itu.

Yaitu pemegang KTP yang bisa mendapatkan bansos sembako Rp 2,4 juta per tahun dan cara penggunaan KTP untuk mengecek penerima bantuan BPNT yang dibayarkan mulai Januari 2022 di link Cekbansos.kemensos.go.id.

Selain dari Bansos, opsi lain untuk mendapatkan penghasilan di masa pandemi ini adalah dengan bermain game penghasil saldo DANA.

Download >> Game Penghasil Saldo DANA

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image