Kamis 20 Jan 2022 20:07 WIB

Sering Mendapatkan Spam Call? Bisa Adukan Ke Sini

Ada panggilan telepon atau pesan spam? Lakukan hal ini....

Rep: Ramenten/ Red: Partner
.
.

Ilustrasi panggilan telepon
Ilustrasi panggilan telepon

Ramenten, Jakarta – Apakah Konco Ramenten sering mendapatkan spam call dari nomor yang tidak dikenal serta dirasa cukup mengganggu? Entah berupa panggilan telepon, pesan yang bermuatan spam; seperti pesan untuk segera mengurus pembayaran, permintaan untuk segera mentransfer uang, atau pemberitahuan menjadi pemenang kuis maupun undian.

Jika mengalami hal ini, sebaiknya Konco Ramenten tetap tenang, kumpulkan barang bukti, dan segera laporkan hal tersebut kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Bagaimana caranya? Konco Ramenten dapat membuka laman layanan.kominfo.go.id dan meng-klik menu ADUAN BRTI.

Kemudian, coba klik tombol Buka Live Chat. Konco bisa langsung dilayani oleh Petugas Helpdesk setelah Konco memasukan data diri, seperti nama dan alamat surel (e-mail) pada live chat.

Foto: Dok. Asty
Foto: Dok. Asty

Layananannya terbilang cukup cepat. Ramenten sendiri langsung dilayani dalam beberapa menit, setelah Ramenten mencoba untuk chat petugas.

Helpdesk nantinya akan meminta Konco untuk mengunggah (upload) barang bukti berupa rekaman percakapan, foto atau tangkapan layar (capture) pesan, serta nomor telepon seluler yang mengganggu tadi pada live chat.

Selanjutnya, Petugas akan melakukan verifikasi dan analisis percakapan maupun pesan yang telah dikirim. Jika laporan dirasa dapat ditindaklanjuti, Petugas Helpdesk akan segera membuat tiket laporan kedalam sistem SMART PPI.

Nomor telepon seluler (MSISDN) pemanggil atau pengirim pesan yang dilaporkan tadi akan diblokir dalam kurun waktu 1x24 jam jika memang terindikasi penipuan.

Cukup mudah bukan? Semoga informasi ini dapat membantu Konco sekalian ya!!

Sing nulis: Mbak Asty Sopian

Sing edit: Mbak Rizki Tania

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement