Kamis 20 Jan 2022 23:54 WIB

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia 2022 Kick Off di Bandara Sultan Thaha Jambi

AP II dukung pengembangan UMKM melalui program Gerbang Indonesia

Red: Christiyaningsih
AP II mendukung penuh program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang diinisiasikan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves).
Foto: AP II
AP II mendukung penuh program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang diinisiasikan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - PT Angkasa Pura II selaku pengelola 20 bandara di Indonesia mendukung penuh pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang merupakan tulang punggung perekonomian nasional. AP II saat ini memiliki program Gerakan Bangga Karya Anak Bangsa Indonesia (Gerbang Indonesia) dengan tujuan menjadikan bandara sebagai tempat utama pembinaan UMKM (inkubasi, pelatihan, pembiayaan dan promosi), bandara sebagai tempat transaksional UMKM, dan bandara sebagai hub pariwisata dan budaya.

“Seperti diketahui, bandara adalah pintu gerbang dari suatu wilayah sehingga menjadi lokasi strategis dalam mengembangkan UMKM termasuk memperkenalkan produk-produk andalan dari UMKM setempat,” ujar President Director AP II Muhammad Awaluddin.

Baca Juga

Sejalan dengan ini, salah satu implementasi dari pelaksanaan Gerbang Indonesia adalah AP II mendukung penuh program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang diinisiasikan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves). Pada Rabu, 19 Januari 2022, bertempat di Bandara Sultan Thaha (Jambi), Kemenkomarves dan Kementerian Perhubungan bersama Pemprov Jambi, AP II dan Bank Indonesia, secara resmi melakukan Kick Off pelaksanaan Gernas BBI 2022.

Kick Off Gernas BBI 2022 ini juga dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Agraria dan Tata Ruang/BPN Sofyan Djalil, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, dan Gubernur Jambi Al Haris. “Kick Off di Bandara Sultan Thaha ini mengawali seluruh rangkaian kampanye Gernas BBI 2022 mulai dari Januari hingga Desember 2022 di seluruh Indonesia. AP II sendiri akan menggelar Gernas BBI 2022 di 7 bandara,” ungkap Muhammad Awaluddin.

Ketujuh bandara AP II yang menggelar Gernas BBI 2022 adalah Bandara Sultan Thaha (Jambi) pada Januari 2022, lalu Bandara Raja Haji Fisabilillah (Tanjung Pinang) pada Maret 2022, Bandara Minangkabau (Padang) pada April 2022, Bandara HAS Hanandjoeddin (Belitung) pada Mei 2022, Bandara Radin Inten II (Lampung) pada Juni 2022, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang) pada November 2022, dan Bandara Supadio (Pontianak) pada Desember 2022. Awaluddin mengatakan sangat penting bagi setiap perusahaan untuk mendukung pengembangan UMKM.

“UMKM memiliki agilitas lebih tinggi dibandingkan dengan bisnis skala besar. UMKM merupakan sektor yang bisa paling cepat bangkit dan menemukan peluang-peluang baru di tengah krisis,” ujar sosok yang juga pernah menerbitkan dua buku pengembangan UMKM yakni Digital Entrepreneurshift dan Digital Championshift.

Di dalam buku tersebut, Awaluddin menekankan pentingnya penggunaan teknologi dalam pengembangan UMKM, serta seluk beluk bisnis dengan memanfaatkan teknologi serta pemahaman terhadap strategi dan taktik guna menjadi bagian dari ekosistem pasar digital.

Gernas BBI 2022 di Bandara Sultan Thaha

Adapun penyelenggaraan Gernas BBI 2022 di Bandara Sultan Thaha (Jambi) digelar di terminal penumpang tepatnya di area curbside. Di area tersebut dibangun panggung (stage) berukuran 10x4 meter, lalu booth showcasing berukuran 3x3 meter sebanyak 10 unit bagi UMKM yang telah dikurasi oleh Bank Indonesia dan Pemprov Jambi, serta area pameran kendaraan listrik roda dua dan roda empat.

Gernas BBI 2022 di Bandara Sultan Thaha juga menggelar berbagai aktivitas mendukung pengembangan UMKM antara lain webinar Kemudahan Distribusi Logistik, lalu Pelatihan dan Pembinaan UMKM, serta diskusi terkait Transportasi dan Pergerakan Bisnis, dan lain sebagainya.

“Gernas BBI di Bandara Sultan Thaha ini menyediakan area untuk showcasing berbagai produk UMKM yang menjadi andalan dan ciri khas Jambi. Selain itu, AP II bersama stakeholder juga menggelar berbagai aktivitas pengembangan UMKM seperti pelatihan dan pembinaan dengan berbagai topik antara lain terkait digitalisasi UMKM,” ungkap Awaluddin.

Guna mendukung digitalisasi UMKM, produk-produk UMKM yang ada di area Gernas BBI 2022 di Bandara Sultan Thaha juga akan ditampilkan di e-commerce. Pada tahun lalu, AP II juga mendukung penyelenggaraan Gernas BBI 2021 antara lain di Bandara Soekarno-Hatta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement