Jumat 21 Jan 2022 03:40 WIB

Mensos Apresiasi Warga Badui Pertahankan Adat Leluhur

Mensos memberikan bantuan dana perbaikan jalan setapak menuju permukiman Badui.

Red: Andi Nur Aminah
Suasana permukiman warga Suku Baduy (ilustrasi)
Foto: Antara/Muhammad Bagus Khoirunas
Suasana permukiman warga Suku Baduy (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK -- Menteri Sosial RI Tri Rismaharini mengapresiasi kehidupan masyarakat Badui yang masih tinggal di pedalaman Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Mereka hingga kini masih berpegang teguh untuk mempertahankan adat leluhur. "Kami merasa senang bisa bertemu dengan masyarakat Badui, " kata Risma saat berkunjung ke kawasan permukiman Badui di Lebak, Banten, Kamis (20/1/2022).

Kunjungan Mensos ke permukiman Badui disambut tokoh, pemuka adat, dan Jaro Saija sebagai jaro atau Kepala Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar. Mensos pada kesempatan itu juga menyalurkan bantuan kepada masyarakat Badui berupa uang Rp 100 juta untuk perbaikan jalan setapak menuju permukiman Badui yang diajukan Jaro Saija.

Baca Juga

Risma mengaku terkejut melihat kehidupan masyarakat Badui yang hingga kini masih mempertahankan nilai-nilai budaya adat setempat. "Dimana pada zaman yang serba modern seperti sekarang, ternyata masih ada masyarakat yang berpegang teguh terhadap kehidupan masyarakat Badui," kata Risma.

Masyarakat Badui masih mempertahankan kehidupan yang serba tradisional dan tidak terkontaminasi oleh budaya luar. Bahkan, kondisi jalan menuju ke permukiman Badui masih berupa tanah merah. 

Selain itu juga permukiman masyarakat Badui tidak terdapat infrastruktur jalan aspal maupun jaringan listrik. "Kami berharap kehidupan masyarakat Badui menjadi lebih baik dengan adanya perbaikan jalan setapak itu," kata Jaro Saija.

Dia mengatakan masyarakat Badui sangat terbantu atas bantuan dari Mensos untuk perbaikan jalan setapak. Sehingga dapat mendukung akses kelancaran ekonomi.

Saat ini, jumlah warga Badui di atas 16 ribu jiwa tersebar di 68 perkampungan sangat membutuhkan kondisi jalan yang baik. "Jika jalan itu baik maka perekonomian warga Badui juga baik," katanya menjelaskan.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lebak Eka Darmana Putra mengatakan penyaluran bantuan jalan tersebut dalam upaya memperlancar akses ekonomi masyarakat Badui. Karena itu, Jaro Saija sebagai tetua adat kepemerintahan mengusulkan bantuan kepada Kemensos."Kami merasa senang penyaluran dana bantuan itu langsung disalurkan Bu Mensos ke permukiman Badui, " katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement