Jumat 21 Jan 2022 06:15 WIB

Penggunaan Hadits Lemah, Ini Tiga Pendapat Ulama

Ada tiga pendapat ulama terkait penggunaan hadist lemah.

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Hadist
Foto: MGROL100
Ilustrasi Hadist

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTAA -- Para ulama sepakat bahwa hanya hadits shahih yang dapat digunakan untuk menetapkan masalah akidah dan bahwa hadits yang dicela atau dibuat-buat tidak boleh digunakan untuk tujuan apapun. Oleh karena itu, para ulama berbeda pendapat tentang apakah hadits yang lemah dapat digunakan untuk menetapkan keutamaan perbuatan baik, misalnya hadits yang menganjurkan shalat, zakat, dan hal-hal lain yang sudah ditetapkan dalam Islam.

Melansir laman aboutislam.net, Jumat (21/1/2022) di bawah ini adalah tiga pandangan tentang masalah ini:

Baca Juga

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Yuk Ngaji Hari Ini
اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ
Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa.

(QS. At-Taubah ayat 36)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement