Jumat 21 Jan 2022 14:45 WIB

Antam Catatkan Pertumbuhan Positif Kinerja

Kekayaan hasil tambang Indonesia cukup melimpah.

Red: Muhammad Hafil
Antam Catatkan Pertumbuhan Positif Kinerja. Foto: Petugas menunjukkan emas Antam di Butik Emas Logam Mulia Antam Denpasar Bali, Kamis (9/9/2021). Penjualan emas Antam di Bali yang sempat menurun sekitar 50 persen pada bulan Juli hingga Agustus 2021 tersebut kini kembali mengalami peningkatan mencapai 95 persen pada awal bulan September 2021.
Foto: Antara/Nyoman Hendra Wibowo
Antam Catatkan Pertumbuhan Positif Kinerja. Foto: Petugas menunjukkan emas Antam di Butik Emas Logam Mulia Antam Denpasar Bali, Kamis (9/9/2021). Penjualan emas Antam di Bali yang sempat menurun sekitar 50 persen pada bulan Juli hingga Agustus 2021 tersebut kini kembali mengalami peningkatan mencapai 95 persen pada awal bulan September 2021.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM; IDX: ANTM; ASX: ATM) anggota MIND ID - BUMN Holding Industri Pertambangan, mengumumkan bahwa Perusahaan mencatatkan pertumbuhan positif kinerja segmen nikel ANTAM pada periode tahun 2021 (unaudited). Hal ini seiring dengan pemulihan kondisi ekonomi global serta tumbuhnya tingkat permintaan nikel.

Untuk komoditas feronikel, pada tahun 2021 ANTAM mencatatkan produksi feronikel unaudited sebesar 25.818 ton nikel dalam feronikel (TNi). Ini relatif stabil jika dibandingkan tingkat produksi feronikel pada tahun 2020. 

Baca Juga

Direktur Utama ANTAM, Nicolas D. Kanter mengatakan bahwa kinerja penjualan produk feronikel ANTAM pada tahun 2021 tercatat solid dengan volume penjualan unaudited mencapai 25.992 TNi.

“Capaian kinerja produksi dan penjualan segmen nikel ANTAM yang solid pada tahun 2021, mencerminkan upaya kami untuk menjaga pertumbuhan kinerja Perusahaan yang positif pada tahun 2021, seiring dengan tingkat pertumbuhan permintaan produk komoditas ANTAM yang positif,” kata Nico kepada wartawan di Jakarta, Jumat (21/1/2022).

“Kami mengoptimalkan capaian kinerja produksi dan penjualan komoditas utama Perusahaan dengan menjaga biaya produksi tetap efisien.” 

Pada 2021, produksi bijih nikel unaudited ANTAM yang digunakan sebagai bahan baku pabrik feronikel ANTAM dan penjualan kepada pelanggan domestik, mencapai 11,01 juta wet metric ton (wmt). Jumlah tersebut meningkat 131% dibandingkan tingkat produksi tahun 2020 sebesar 4,76 juta wmt. Capaian kinerja penjualan bijih nikel unaudited ANTAM di tahun 2021 mencapai 7,64 juta wmt, tumbuh 132% dari realisasi penjualan di tahun 2020 sebesar 3,30 juta wmt. Seiring dengan outlook pertumbuhan industri pengolahan nikel di dalam negeri, di tahun 2021 ANTAM fokus dalam pengembangan pasar domestik bijih nikel.

Dalam menghadapi tantangan volatilitas harga komoditas global, ANTAM berfokus pada upaya penurunan biaya produksi serta implementasi kebijakan strategis terkait inisiatif efisiensi biaya yang tepat dan optimal.

Kinerja Antam Positif

Pemerhati pasar modal yang juga Ketua Harian Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Bandung Koordinator Jawa Barat, Acuviarta Kartabi, mengapresiasi kinerja ANTAM. Menurutnya, meskipun terjadi penurunan harga saham emiten belakangan ini, namun hal itu lebih banyak disebabkan oleh faktor eksternal, seperti kondisi pandemi Covid-19 varian Omicron yang besar pengaruhnya terhadap pasar global. Sementara dari aspek internal, termasuk kinerja perusahaan, masih dianggap positif sehingga menjadi faktor penunjang saham ANTAM bisa secepatnya rebound.

“Secara kinerja masih sangat bagus. Sangat positif. Sahamnya masih sangat prospektif,” jelasnya saat dihubungi, Kamis (20/1).

Menurut Acuviarta, sebelum ditemukannya varian omicron, sebenarnya harga komoditi tambang sedang booming sehingga mendongkrak harga saham emiten pertambangan. Situasi berubah setelah munculnya varian omicron sehingga memicu sentimen pasar global yang tidak menguntungkan.

Kondisi tersebut memang tidak bisa terelakkan. Sebab, permintaan pasar global yang selama ini jadi tujuan ekspor terpengaruh oleh faktor varian omicron ini.

Hanya saja Acuviarta tetap optimistis saham ANTAM bisa secepatnya rebound. Sejumlah faktor disebut Acuviarta bisa menjadi pemicu rebound-nya harga saham ANTAM ini. Apalagi pada Kamis, 19 Januari 2022, saham ANTAM sudah naik 245 poin atau sekitar 12 persen.

“Rebound-nya saham (ANTAM) di-drive berbagai faktor. Salah satu-nya adalah kebijakan hilirisasi yang komoditas tambang yang sudah on the track,” tukas Acuviarta.

Kebijakan hilirisasi ini yang diterapkan pemerintah, akan menjadi nilai tambah bagi perusahaan tambang yang telah menerapkannya. Dengan kebijakan ini, produk olahan tambang tidak hanya dapat diserap oleh pasar ekspor, tetapi juga bisa dipakai memasok kebutuhan di dalam negeri yang terus meningkat.

Bagi sejumlah negara yang selama ini jadi pasar ekspor, produk tambang Indonesia tetap menjadi prioritas. Terutama sekali negara-negara yang tidak memiliki sumber daya tambang yang mumpuni sehingga harus mengimpor dari Indonesia.

“Kekayaan hasil tambang Indonesia cukup melimpah. Dengan upaya hilirisasi dan pemenuhan green industry yang jadi tuntutan global, saya rasa saham perusahaan tambang seperti ANTAM tetap memiliki prospek sangat bagus. Kalau-lah saat ini, melemah itu hanya semacam siklus saja. Sahamnya akan cepat rebound,” tegas Acuviarta.

Oleh karenanya, Acuviarta berkeyakinan saham ANTAM tetap menjadi primadona di bursa saham. Bagi investor sendiri, sebut Acuviarta, menyikapi wait and see kondisi saat ini. Investor menunggu sekali bagaimana upaya-upaya pemerintah dalam penanganan  pandemi Covid-19 varian omicron supaya tidak meluas.

Menurut Acuviarta, kinerja positif yang telah ditunjukkan ANTAM tentu saja tetap harus didukung dengan kebijakan pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 varian omicron. Sebab, pandemi ini bisa berpengaruh sangat dominan terhadap naik turunnya harga saham di bursa saham.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement