Sabtu 22 Jan 2022 22:33 WIB

TCT Sambut Baik Pengiriman Kembali Batubara Antang Gunung Meratus ke PLN

Selain memberikan harga khusus, PT TCT akan membuka jalan hauling baru.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Kegiatan penambangan batubara di Tapin, Kalimantan Selatan.
Foto: Dok. Bat
Kegiatan penambangan batubara di Tapin, Kalimantan Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, TAPIN -- Tapin Coal Terminal (TCT) menyambut baik keputusan PT Antang Gunung Meratus (AGM) untuk mengirimkan kembali 500 ribu metrik ton batubara untuk PLN melalui terminal PT TCT di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan dengan harga khusus.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pengiriman batubara PT AGM kepada PLN untuk memenuhi penugasan kebutuhan batubara untuk kepentingan dalam negeri (DMO) bulan Januari dilakukan di Jakarta oleh Direktur PT AGM Deden Ramdhan dan Direktur PT TCT Markus A Wibisono Kamis (20/1/2022).

Baca Juga

“Kami menyambut baik keputusan PT AGM.  Kami tidak takut merugi karena ini semua demi kepentingan negara,” kata Markus, dalam keterangan resminya, Sabtu (22/1/2022).

TCT memberikan harga khusus sebesar Rp 16 ribu per metrik ton untuk pengiriman batubara PT AGM kepada PLN.  Harga kontrak yang berlaku saat ini sebesar Rp 60 ribu per metrik ton.

Selain memberikan harga khusus, PT TCT akan membuka jalan hauling baru sepanjang 4.5 kilometer di dekat Underpass KM 101 Jl. A. Yani sebagai alternatif jalan untuk pengiriman batubara kebutuhan DMO perusahaan-perusahaan pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP)  di Kabupaten Tapin.  

PT TCT mempersilakan perusahaan-perusahaan pemegang IUP tersebut  menggunakan jalan hauling baru ini  untuk tujuan pemenuhan kebutuhan DMO batubara melalui Terminal TCT menyusul penutupan sepihak akses jalan yang biasa digunakan selama dua bulan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement