Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Drajad Dwi

Pengertian Seni Batik Serta Ketahui Alat dan Bahannya

Eduaksi | Sunday, 23 Jan 2022, 21:24 WIB

UNESCO secara resmi mengukuhkan batik sebagai warisan Indonesia. Kini batik mengalami perkembangan seiring berjalannya waktu. Perkembangan tersebut membuktikan bahwa seni batik adalah warisan budaya yang dinamis. Sebagai generasi milenial, sepatutnya mampu menjelaskan pengertian seni batik sebenarnya. Ketahui beragam seni batik beserta peralatan yang diperlukan.

Pengertian Seni Batik

Seni batik adalah suatu seni rupa terapan yang menghasilkan sebuah karya dengan motif tertentu pada sebuah kain. Membatik dapat menggunakan beberapa metode. Selain daripada metode batik tulis canting terdapat pula metode lain.

Seperti batik cap, batik celup ikat, batik printing dan batik colet. Pola yang terlukis menggambarkan ciri khasnya tersendiri. Beragam corak batik yang ada di Indonesia. Misalnya batik rupa Pekalongan, batik Keraton, batik Bali, batik Malang, batik Betawi dan masih banyak lainnya.

Setiap corak batik dari setiap daerah memiliki perbedaan motif yang cukup menonjol. Dimana semua corak tersebut terlihat sangat unik dan menjadi ciri khas daerahnya masing-masing. Keberagaman ini yang menjadi pemikat kaum milenial bahkan batik juga telah dikenal di mancanegara.

Batik sendiri juga menjadi komoditas bisnis yang potensial dengan menjadikannya berbagai macam produk seperti produk fashion seperti baju, tas dan dompet.

Alat Dan Bahan Untuk Membatik

Gawangan

Gawangan adalah alat bantu membatik yang difungsikan sebagai tempat meletakkan kain yang akan dibatik. Di Banyak daerah, gawangan terbuat dari bambu maupun kayu. Umumnya, alat ini memiliki dua kaki di kanan dan kiri.

Kompor Kecil Atau Anglo

Untuk menjelaskan pengertian seni batik perlu juga mengetahui beberapa komponen pembuatannya seperti halnya anglo. Anglo bisa diartikan kompor kecil untuk memanaskan lilin malam. Alat ini berguna untuk menjaga kestabilan suhu pemanasan lilin dan biasanya terbuat dari bahan tanah liat dengan bahan bakar arang.

Canting

Saat bicara soal batik, canting mungkin sudah sangat familiar. Ya, canting merupakan sebuah alat yang difungsikan semacam pena untuk membuat motif.

Wajan

Wajan yang digunakan dalam membatik ialah wajan berukuran kecil untuk mencairkan lilin malam. Secara umum, wajan yang digunakan tidak jauh berbeda yakni terbuat dari tanah liat ataupun tembaga. Sebagian pembatik lebih suka menggunakan wajan dari tanah liat karena panasnya yang lebih merata.

Melihat potensi warisan budaya seperti batik, sepatutnya generasi penerus dapat lebih menggiatkan gerakan cinta batik. Pengertian seni batik terjawab sudah, sekarang tugas semua elemen untuk menjaga seni dan warisan budaya leluhur ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image