Senin 24 Jan 2022 15:06 WIB

Polda Siapkan Serpong dan Meikarta Jadi Lokasi Balapan Jalanan

Polda Metro pertama menggelar street race di Ancol, Jakut diikuti 350 pembalap.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Peserta bersiap memacu sepeda motornya dalam ajang Street Race Polda Metro Jaya di Ancol, Jakarta Utara, Ahad (16/1/2022).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Peserta bersiap memacu sepeda motornya dalam ajang Street Race Polda Metro Jaya di Ancol, Jakarta Utara, Ahad (16/1/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menyiapkan tiga lokasi balapan jalanan (street race) di luar Jakarta. Nantinya, rencananya akabaapan tersebut digelar pada Februari 2022. "Bulan depan, ada tiga lokasi yang disiapkan. Bumi Serpong Damai (BSD), Meikarta, dan Vida di Bekasi Kota," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin (24/1/2022).

Meski demikian, sambung dia, kepolisian belum memberikan keterangan lebih lanjut terkait kapan kegiatan street race tersebut digelar. "Nanti kita atur waktunya," ujar Sambodo.

Baca Juga

Polda Metro Jaya telah menggelar ajang balap jalanan di kawasan Ancol, Jakarta Utara berlangsung selama satu hari pada Ahad (16/1/2022) dengan diikuti oleh 350 peserta. Sambodo mengatakan, sasaran kegiatan itu adalah membentuk wadah bagi para pembalap jalanan untuk membalap dalam situasi terkontrol dengan peningkatan aspek keselamatan.

Data kepolisian menunjukkan, aksi balap liar berkurang sejak digelarnya kegiatan tersebut. Polda Metro Jaya dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) sepakat untuk menyelenggarakan balap jalanan di Ancol dalam rangka memfasilitasi para pemilik hobi balap agar tidak terlibat balap liar.

"Kami sepakat Ancol menjadi salah satu pilihan atau akan dijadikan tempat untuk menampung anak muda dalam menyalurkan hobi balapnya dan akan dimulai per tanggal 15 Januari 2021," kata Ketua Umum IMI, Bambang Soesatyo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement