Rabu 26 Jan 2022 05:24 WIB

Jembatan Turki Berusia 500 Tahun Tetap Berdiri Kokoh Meski Digoyang Gempa

Jembatan itu telah berdiri selama lebih dari empat abad.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Jembatan peninggalan Ottoman yang berusia 500 tahun (ilustrasi)
Foto: Hurriyet Daily News
Jembatan peninggalan Ottoman yang berusia 500 tahun (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  ISTANBUL -- Jembatan bersejarah berusia 500 tahun di distrik Dilovas Turki barat laut yang dibangun oleh arsitek legendaris Ottoman, Sinan, dan terletak di rute yang digunakan untuk ekspedisi ke Baghdad dan Anatolia pada masa pemerintahan Suleiman the Magnificent, tetap berdiri kokoh selama berabad-abad tanpa rusak.

Bahkan banjir dan gempa bumi yang mematikan tidak dapat meruntuhkannya. Polong segitiga di depan jembatan menjauhkan puing-puing yang mengalir bersama arus dan mencegahnya merusak jembatan. Jembatan, yang dirancang dengan kecerdasan arsitektural yang unggul, masih utuh tanpa pernah mengalami kerusakan parah, bahkan dari banjir besar.

Baca Juga

Jembatan itu telah berdiri selama lebih dari empat abad dan dibangun pada periode Mimar Sinan. Sejarawan dan penulis Recep Kankal mengatakan, itu disebut Jembatan Mimar (arsitek) Sinan karena mengacu pada desainnya. Lokasinya berada di pinggiran Diliskelesi di distrik Dilovası, di Provinsi Kocaeli.

Jembatan bersejarah ini berada di atas Sungai Dilderesi. Juga disebut Jembatan Suleiman Agung oleh orang-orang di wilayah tersebut, karena mengacu pada ekspedisi Baghdad selama pemerintahan sultan juga disebutkan dalam sumber-sumber sejarah.

"Namun, tidak jelas apakah Sinan yang membangunnya, tetapi persis sama dengan jembatan bersejarah di Haramidere di Istanbul. Sejak Sinan membangun jembatan Haramidere, secara luas diyakini bahwa dia juga membangun yang ini karena kesamaan arsitekturnya," kata Kankal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement