Tertarik Pelajari Budaya Korea? Ini Lima Film dan Drama Korea yang Bisa Ditonton

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq

Bendera Korea Selatan
Bendera Korea Selatan | Foto: flagscountries.blogspot.com

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -– Hal-hal yang berhubungan dengan Korea Selatan masih terus digemari hingga kini. Beberapa hal yang menjadi minat dunia adalah musik K-Pop dan perfilman serta drama Korea.

Untuk mempelajari budaya Korea lebih lanjut, teman-teman bisa memperolehnya dari film maupun drama setempat. Tutor lokal 'Zenius Live: Learn! KOREAN with BTS', Mutia Prita, merekomendasikan beberapa film dan drama Korea yang bisa ditonton sebagai hiburan sambil memberikan gambaran realitas kehidupan masyarakat Korea Selatan.

Mutia sendiri sempat tinggal di Korea selama empat tahun dan memiliki segudang pencapaian selama berada di tersebut. Berikut ini lima film dan drama yang bisa untuk mempelajari budaya Korea Selatan dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu (26/1/2022) :

The King’s Letter

Film ini menceritakan tentang Raja Sejong yang berjuang untuk menciptakan sebuah alfabet asli Korea. Dalam sejarah Korea, Raja Sejeong begitu populer karena jasanya yang luar biasa dalam menciptakan hangeul. Berkat usahanya, sistem alfabet asli Korea tersebut mampu menggantikan hanja yang dinilai sulit dipelajari untuk rakyat setempat.

Mr Sunshine

Film ini menceritakan kisah seorang anak dari keluarga budak bernama Eugine Choi. Melihat kedua orang tuanya dibunuh di depan mata, Eugine kabur ke Amerika dengan membawa dendam. Kembali dari Amerika, Eugine bertugas di Korea sebagai tentara dan bertemu dengan Go Ae Shin yang berasal dari keluarga terpandang di Joseon. Mengetahui rahasia Ae Shin sebagai seorang pasukan rahasia, Eugine berteman baik hingga jatuh cinta padanya.

Meskipun drama ini terpusat pada kisah percintaan tokoh-tokohnya, teman-teman bisa belajar mengenai sejarah perjuangan rakyat Korea melawan penjajahan Jepang yang menjadi latar belakang film ini. Selain itu, film ini juga terinspirasi dari kisah nyata sehingga cocok untuk mengetahui sejarah Korea.

SKY Castle

Sky Castle termasuk drama Korea yang bercerita tentang sekelompok orang tua yang tinggal di kompleks elit bernama SKY Castle. Perumahan tersebut hanya diisi oleh para dokter dan juga profesor lulusan tiga universitas terbaik Korea.

Serial drama ini mendapat ulasan positif karena menyoroti beberapa aspek tersembunyi dan kontroversial dari masyarakat Korea. Hal ini termasuk alur ceritanya yang berhubungan dengan sistem pendidikan Korea yang sangat kompetitif.

Reply 1994

Drama Reply 1994 mengambil latar 1994 tentang sekelompok mahasiswa yang merantau ke kota untuk kuliah. Sung Na Jung tinggal bersama sang ayah Sung Dong Il dan ibunya Lee Il Hwa yang memiliki kos. Kebanyakan mahasiswa di rumah Sung Na Jung berasal dari pedesaan yang pergi ke kota hanya untuk mengenyam pendidikan. Tontonan ini tepat bagi kamu yang ingin melihat gambaran realita kehidupan mahasiswa perantauan di era tersebut.

A Resistance

A Resistance merupakan sebuah film Korea yang diadaptasi dari kisah nyata.  Film ini menceritakan tentang masa pendudukan Jepang di Korea. Saat itu orang-orang Korea memperjuangkan kemerdekaan mereka, baik di dalam maupun luar negeri.

Salah satu warga Korea yang berjuang pada masa itu adalah Yu Gwan Sun. Tokoh ini lahir dari keluarga petani yang masuk sekolah wanita di Seoul dan senang mengajarkan ilmunya pada warga setempat. Kisah Yu Gwan-Sun termasuk cerita yang sangat terkenal di semenanjung Korea dan film ini mewakili sosok tersebut dengan baik.

Terkait


20 Kata Salam dan Sapaan dalam Bahasa Korea

Yuk, Kenali 20 Kalimat Sederhana Bahasa Korea!

Pertukaran Budaya Korea dan Indonesia Terus Didorong

Squid Game Ala Korea Hadir Secara Riil di Abu Dhabi

Demam Budaya Korea yang Turut Jangkiti Dunia Arab 

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark