Rabu 26 Jan 2022 20:13 WIB

Konsep Belajar Literasi Numerasi Dipraktikkan di Sekolah Muhammadiyah

Dikdasmen PW Muhamadiyah Jatim bekerjasama dengan kemitraan Indonesia-Australia.

Rep: Boyanesia/ Red: Partner
.
Foto: network /Boyanesia
.

Salah seorang guru di sekolah Muhammadiyah Gresik mengajari siswanya . (Foto: Istimewa)
Salah seorang guru di sekolah Muhammadiyah Gresik mengajari siswanya . (Foto: Istimewa)

GRESIK -- Pembelajaran interaktif dengan model literasi numerasi dipratikkan di sekolah Muhammadiyah Gresik. Ada enam sekolah di Gresik yang menjadi sasaran program ini, yaitu MIM 2 Karangrejo Manyar, MIM 1 Gumeno, SD Al-Islam Cerme, MI Assaadah Bungah, SDM 3 Gresik dan SDM 1 Kebomas.

Pengurus Dikdasmen PW Muhammadiyah Jawa Timur, Lina Listianah mengatakan, konsep belajar literasi numerasi ini merupakan program Dikdasmen PW Muhammadiyah Jatim bekerjasama dengan kemitraan Indonesia-Australia.

Menurut Lina, program ini menyasar sekolah dan madrasah di Malang, Sidoarjo, Lamongan, Ponorogo, Gresik, dan Surabaya. "Jadi program ini dilakukan di enam daerah, targetnya meningkatkan kemampuan numerasi sehingga ada motivasi belajar siswa," ujar dia saat Join Monitoring Visit di MI Muhammadiyah 2 Karangrejo Manyar, Gresik, Selasa (25/1).

Lina menjelaskan, program ini juga sangat membantu para guru dalam memberikan pemahaman kepada anak didik utamanya dalam pengetahuan berhitung.

Sebelumnya, para guru ini diberikan pelatihan membuat alat peraga yang menyenangkan. Hal ini penting agar para siswa lebih cepat memahami konsep bilangan dan berhitung.

"Kami sangat terbantu, tahun lalu literasinya, tahun ini numerasinya. Tentu guru sangat terbantu dalam memberikan pembelajaran," kata dia.

Lina berharap, model pembelajaran seperti ini terus dipraktikkan kepada siswa, tidak hanya saat ada program saja. Dia pun yakin konsep ini bisa diterima oleh siswa dalam memahami konsep hitung.

"Kami dari PWM Jatim berharap tak hanya berhenti disini, terus berkarya sehingga output anak-anak lebih baik, ini sebuah implementasi Muhammadiyah berkemajuan dalam bidang pendidikan," jelas Lina.

Sementara itu, Korda Program Inovasi Literasi Numerasi Gresik, Tinneke Wulandari mengatakan, program ini sangat bagus untuk guru dalam mengembangkan model pembelajaran interaktif.

"Ini program yang bagus, Gresik ada enam sasaran. Program ini juga pelatihan guru, KKG satu sampai delapan, pendampingan hampir satu tahun," ujar dia.

Pewarta: Aif

Advertisement
Berita Terkait
Yuk Ngaji Hari Ini
قَالَ اٰمَنْتُمْ لَهٗ قَبْلَ اَنْ اٰذَنَ لَكُمْۗ اِنَّهٗ لَكَبِيْرُكُمُ الَّذِيْ عَلَّمَكُمُ السِّحْرَۚ فَلَاُقَطِّعَنَّ اَيْدِيَكُمْ وَاَرْجُلَكُمْ مِّنْ خِلَافٍ وَّلَاُصَلِّبَنَّكُمْ فِيْ جُذُوْعِ النَّخْلِۖ وَلَتَعْلَمُنَّ اَيُّنَآ اَشَدُّ عَذَابًا وَّاَبْقٰى
Dia (Fir‘aun) berkata, “Apakah kamu telah beriman kepadanya (Musa) sebelum aku memberi izin kepadamu? Sesungguhnya dia itu pemimpinmu yang mengajarkan sihir kepadamu. Maka sungguh, akan kupotong tangan dan kakimu secara bersilang, dan sungguh, akan aku salib kamu pada pangkal pohon kurma dan sungguh, kamu pasti akan mengetahui siapa di antara kita yang lebih pedih dan lebih kekal siksaannya.”

(QS. Taha ayat 71)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement