Rabu 26 Jan 2022 21:05 WIB

Nia Dinata Sampaikan Pesan Tentang Kehidupan di Serial 'Turut Berduka Cita'

Serial "Turut Berduka Cita" dibintangi Luna Maya, Tora Sudiro, dan Atiqah Hasiholan.

Red: Qommarria Rostanti
Sutradara Nia Dinata berfoto bersama para pemain serial
Foto: @wetvindonesia/Instagram
Sutradara Nia Dinata berfoto bersama para pemain serial "Turut Berduka Cita". Nia berusaha menyampaikan pesan tentang kehidupan melalui series original pertamanya yang berkolaborasi dengan WeTV ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sutradara Nia Dinata berusaha menyampaikan pesan tentang kehidupan melalui series original pertamanya yang berkolaborasi dengan WeTV berjudul "Turut Berduka Cita". Melalui serial yang dikemas dalam genre komedi satire itu, Nia mengingatkan bahwa satu hal yang pasti dalam kehidupan di dunia ini hanyalah kematian.

"Jadi di balik komedi ini, ada hal yang cukup filosofis bahwa yang pasti dari kehidupan ini adalah kematian. Jadi mengingatkan juga bahwa saat menjalani hidup ini kita tidak harus siap dengan yang pasti ini," kata Nia saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (26/2/2022).

Baca Juga

Nia mengatakan, "Turut Berduka Cita" akan memperlihatkan suasana duka sejak episode pertama. Namun, dia berusaha mengajak penonton untuk melihat dari sisi lain yang bisa membangkitkan tawa.

"Semua sudah berduka di episode satu. Tapi karena satire, dukanya dilihat dari sisi yang justru bisa membuat tertawa bersama. Kita semua pernah merasakan ketika ada anggota keluarga yang dituakan meninggal, kita sedih. Tapi akhirnya menerima, ikhlas, dan bisa tertawa," ujar dia.

Selain itu, lanjut Nia, penonton juga akan mendapatkan banyak pelajaran melalui penggambaran seluruh karakter yang muncul di serial "Turut Berduka Cita". "Pak Rauf kami gambarkan sebagai pebisnis yang selalu bisa memenuhi kebutuhan anak dan menantunya. Kemudian si nenek tidak hanya mencontohkan wisdom zaman dulu, tapi juga banyak membuka mata anggota keluarganya bahwa hidup itu harus dinikmati," jelas Nia.

"Turut Berduka Cita" merupakan serial dengan komedi gelap pertama yang hadir di WeTV. Cerita dimulai dari kematian Rauf Affan, seorang pebisnis yang berpengaruh di masyarakat sekaligus bapak dari tiga anak dan tiga cucu.

Hari pertama, ketiga, ketujuh, dan ke-40 setelah kematian Rauf adalah saat-saat krusial untuk menguak rahasia dan perasaan terdalam dari masing-masing anggota keluarga yang ditinggalkan. Mulai dari istri mudanya versus anak-anak perempuannya, menantunya yang mencalonkan diri jadi gubernur, cucunya yang merupakan atlet sepakbola, hingga anak bungsu laki-lakinya yang tak kunjung pulang. "Turut Berduka Cita" dibintangi oleh sederet artis papan atas seperti Luna Maya, Tora Sudiro, Ersa Mayori, Atiqah Hasiholan, Oka Antara, hingga Jihane Almira.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement