Kamis 27 Jan 2022 16:34 WIB

Mediasi Perdamaian, Forkopimda Maluku Kunjungi Kariuw

Kapolda Maluku berharap dukungan masyarakat untuk damaikan konflik.

Red: Teguh Firmansyah
Kepala Kepolisian Daerah (Kapold) Maluku, Irjen Lotharia Latif.
Foto: Dok Humas Polri
Kepala Kepolisian Daerah (Kapold) Maluku, Irjen Lotharia Latif.

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku Irjen Pol Lotharia Latif kembali mengunjungi Desa Kariuw, Kecamatan Pulau Haruku dalam rangka mediasi perdamaian, Kamis (27/1/2022.). Sebelumnya, ia setelah menemui warga Ori dan Pelauw pada Rabu (26/1) malam.

Ia mengatakan kunjungan Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Maluku di Negeri Pelauw dan Kariuw ini, selain melihat situasi dan kondisi pasca-konflik, juga sebagai bukti kehadiran negara untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga negara di Pulau Haruku."Kami akan mendatakan kerugian-kerugian yang timbul atas terjadinya konflik ini," ucapnya.

Baca Juga

Ia mengaku atas kesepakatan bersama bahwa masyarakat ingin konflik ini menjadi yang terakhir. Olehnya itu pihaknya mengharapkan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat."Kami mengharapkan adanya dukungan tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat dalam mewujudkan perdamaian di Negeri Pelauw dan Kariuw, dan secara umum di Pulau Haruku," pintanya.

Selain itu, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon mengatakan objek yang dikunjungi pihaknya seperti bangunan Gereja, terlihat masih utuh, tidak terkena dampak konflik."Kami mengimbau masyarakat agar tidak terpicu dan terprovokasi oleh berita hoaks yang beredar di masyarakat," ujarnya.

Ia menyebutkan, pihak Forkopimda telah mengambil langkah bersama dan dijadikan sebagai skala prioritas berdasarkan perkembangan situasi dan kondisi di lapangan."Forkopimda Maluku hadir untuk memberikan solusi kepada masyarakat. Kami mohon dukungan tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat sehingga tidak terjadi lagi konflik susulan di masa yang akan datang," harapnya.

Senada dengan Pangdam, Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno, juga menyatakan kehadiran Forkopimda Maluku untuk membantu masyarakat yang menjadi korban pada konflik ini."Kami mengajak masyarakat kedua negeri untuk dapat merajut kerukunan hidup orang basudara," ajaknya.Kunjungan Kapolda ke Kabupaten Maluku Tengah tidak sendiri. Ia sempat menjemput Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon di Mapolsek Haruku.Bersama Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno, Kapolda, Pangdam, Bupati Maluku Tengah dan Forkopimda serta pemangku kepentingan lainnya yang langsung menuju Kariuw.

Di Kariuw, para petinggi Polri, TNI, dan Pemerintah Daerah itu melihat situasi dan kondisi Negeri tersebut pasca terlibat konflik dengan kampung tetangganya, yaitu Ori, Negeri Pelauw. Kapolda, Pangdam, Wagub Maluku, Bupati Maluku Tengah dan rombongan mengecek kondisi dalam negeri Kariuw seperti perumahan warga, Gereja Ebenhazer, dan SD Negeri Kariuw.

Untuk diketahui, konflik antara dua desa bertetangga ini pecah pada Rabu dini hari lalu. Bentrokan dilatarbelakangi persoalan lahan. Kedua pihak mengklaim tanah sengketa di perbatasan kedua wilayah bertikai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement